Mengenal Dispareunia, Rasa Sakit saat Berhubungan Seks

Selain permasalahan posisi seks, variasi foreplay, masturbasi dalam hubungan seksual permasalahan sakit saat hubungan seksual pun kerap dikeluhkan para pasangan suami istri. Dalam istilah medis hal itu dikenal dengan istilah dispareunia. Mau tahu info seputar kondisi ini lengkapnya? Simak terus, ya!

Apa itu dispareunia?

Dispareunia merupakan sebuah kondisi dimana individu merasakan rasa sakit yang teramat sangat dan secara berulang pada bagian kewanitaan. Rasa sakit tersebut muncul ketika berhubungan badan, terutama ketika terjadi penetrasi. Selain itu, terdapat beberapa gejala lain, seperti rasa sakit hebat pada saat awal penetrasi, memasang tampon, berjam-jam setelah melakukan aktivitas seksual.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan rasa sakit tersebut muncul saat awal penetrasi, seperti:

1. Mengalami vaginismus

Vaginsmus ditandai dengan rasa sakit secara mendadak saat berhubungan seks, rasa sakit tersebut juga timbul ketika terjadi ketegangan pada dinding rahim secara tiba-tiba.

2. Kurangnya lubrikasi

Apakah Anda dan pasangan sudah melakukan foreplay sebelum bercinta? Biasanya, rasa sakit pada vagina tersebut disebabkan kurangnya pelumas alami dari kewanitaan Anda yang dihasilkan pada saat foreplay. Sehingga, penetrasi yang seharusnya berlangsung mulus justru menjadi menyakitkan.

3. Luka atau iritasi

Pernahkah Anda mengalami kecelakaan atau terjatuh saat kecil? Apakah kejadian tersebut melukai bagian kewanitaan Anda? Bisa jadi, Anda memang memiliki luka di bagian kewanitaan yang disebabkan oleh kecelakaan, operasi pinggul, atau setelah melahirkan. Sehingga rasa sakit tersebut terasa pada saat bercinta.

4. Kondisi abnormal sejak lahir

Kondisi bawaan sejak lahir yang menyebabkan bentuk vagina menjadi cacat dapat menimbulkan rasa sakit saat melakukan penetrasi. Pasalnya, vagina tidak dapat berkembang dan berbentuk sempurna.

Berbeda lagi jika Anda merasakan sakit pada saat melakukan penetrasi yang dalam. Biasanya, rasa sakit bagian dalam tersebut merupakan gejala dari beberapa penyakit dan suatu kondisi yang menyerang organ vital. Tidak menutup kemungkinan juga, hal ini terjadi pada Anda yang pernah menjalani operasi atau tindakan medis pada bagian genital atau pinggul.

5. Peradangan atau infeksi kulit

Dispareunia bisa jadi disebabkan karena eczema atau penyakit kulit lainnya di sekitar kewanitaan yang menimbulkan rasa perih.

Apa yang bisa dilakukan jika dispareunia tersebut menyerang? Anda bisa segera menghubungi dokter untuk melakukan wawancara medis dan pemeriksaan fisik. Jangan malu-malu untuk terbuka mengenai aktivitas seksual Anda untuk diagnosis yang lebih baik. Anda tentu tidak ingin kegiatan bercinta dengan pasangan Anda terganggu karena kondisi ini bukan?

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker