Anies Baswedan: Akan ada Kejutan Lagi dari Tong Sampah Buatan Jerman

Abadikini.com, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan enggan berbicara terlalu jauh soal isu tong sampah buatan Jerman yang sedang ramai dibicarakan disosial media. Dia akan menjelaskan hal tersebut jika semua informasi sudah lengkap.

“Ya nanti soal tong sampah saya ceritakan kalau sudah lengkap ya,” ujar Anies, Senin, (4/6/2018).

Ia hanya mengatakan bahwa soal tong sampah buatan Jerman akan terjadi kejutan. “Nanti siap-siap semua, ada kejutan lagi,” kata Anies.

Sebelumnya, Informasi tentang tong sampah yang ramai dibahas ini berasal dari screenshot situs e-Katalog LKPP. Tong sampah yang dimaksud adalah garbage bin beroda dengan kapasitas 660 liter merek Weber.

Di situ tertulis pengadaan tong sampah sebanyak 2.640 buah dengan harga satuan US$253,62 atau Rp3.599.375,04. Ada pula ongkos kirim sebesar US$5.581 atau Rp79.205.552.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Isnawa Adji, mengatakan tong sampah beroda berkapasitas 660 liter itu dibeli untuk modernisasi proses pengumpulan sampah di Jakarta.

Selama ini, pola pengumpulan sampah dilakukan dengan cara tradisional, yaitu tukang gerobak mengumpulkan sampah dari permukiman, kemudian didumping di Tempat Penampungan Sampah Sementara (TPS). Setelah itu, diangkat kembali ke truk sampah untuk dikirim ke TPST Bantargebang. (beng.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker