Jimly Asshiddiqie Sebut Almarhum Dawam Rahardjo sebagai Akademisi Sekaligus Aktivis

Abadikini.com, JAKARTA – Mantan Ketua Tim Penasehat Presiden Dawam Rahardjo merupakan sosok yang banyak memberi kontribusi bagi negara Indonesia. Terbukti, Dawam pernah menerima penghargaan Bintang Mahaputera Utama.

Baca Juga

Menurut Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) yang juga calon senator dari DKI Jakarta, Jimly Asshiddiqie, Dawam adalah contoh cendekiawan yang sangat aktif. Tak hanya dalam pemikiran, tetapi juga pergerakan.

“Update dalam pemikiran-pemikiran akademis, pemikiran ilmiah, tapi bersamaan dengan itu dia juga aktivis,” ujar Jimly di kediaman almarhum di Jalan Kelapa Kuning III, Jakarta Timur, Kamis, 31 Mei 2018.

Menurut Jimly, Dawam aktif di berbagai kegiatan sosial. Ia juga memimpin Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) serta berbagai lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang bergerak di bidang pergerakan sosial.

“Maka kader-kader dia tersebar di mana-mana. Sampai sekarang bisa ditelusuri jejak LSM yang aktif di kegiatan sosial, koperasi, dan sebagainya dengan Pak Dawam Rahadjo itu,” jelas Jimly.

Pemikiran Dawam juga banyak tecermin dalam forum ilmiah dan berbagai buku karangannya. Jimly menilai saat ini tidak banyak sosok seperti mantan guru besar Universitas Muhammadiyah Malang itu.

Pasalnya, banyak pihak terjun sebagai aktivis, tetapi tidak terlibat dalam pemikiran. Pun demikian, banyak ilmuan dengan perkembangan pengetahuan yang baik, tetapi tidak terlibat aksi secara langsung.

“Beliau keduanya. Maka kita sungguh-sungguh kehilangan. Semoga generasi selanjutnya banyak belajar dari beliau,” sambung Jimly yang akan maju sebagai calon anggota DPD pada Pemilu 2019. (beng.ak)

Baca Juga

Back to top button