Inilah Alasan Kuat Yang Sebabkan Surat Utang Pemerintah Sepi?

Abadikini.com, JAKARTA – Direktorat Jenderal Pembiayaan Pengelolaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan optimistis minat investor terhadap surat utang negara (SUN) akan kembali normal dari yang saat ini sepi.

Dirjen Pembiayaan Pengelolaan dan Risiko Luky Alfirman menyebut salah satu penyebab sepinya minat investor pada SUN karena dinamika yang terjadi di dunia.

“Market ini bergerak menuju new normal, equilibrium baru, minggu lalu seperti Trump soal Iran, lalu Mahathir yang menang, itu yang membuat market masih volatile,” kata Luky di Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (11/5/2018).

Penawaran lima seri SUN hanya sebesar Rp 7,17 triliun dari target indikatif sebesar Rp 17 triliun. Pemerintah memutuskan untuk mencari alternatif pendanaan.

“Kami amankan pembiayaan tadi dengan front loading, kami perbanyak lagi alternatif pinjaman multilateral, kami banyak private placement,” ungkap dia.

Meski demikian, Luky mengungkapkan bahwa fundamental perekonomian Indonesia masih dalam kondisi yang baik dengan pertumbuhan ekonomi di level 5% dan inflasi terjaga di level rendah.

“Kita masih percaya ini hanya sementara, jadi bagaimana meng-handle arah yang seperti ini. SBN percaya akan baik lagi, tapi kita tetap menjaga-jaga, karena punya tambahan pinjaman, private placement. Lalu masih ada samurai bond di semester I. Lalu ada BLU/BUMN yang menyimpan. Kita tidak berharap kaya gini terus, market akan kembali stabil lagi,” tutup dia. (arkan.ak/dtk)

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker