Wasit Final Liga Champions Pernah Dapat Predikat Terburuk

Abadikini.com, JAKARTA- Wasit final Liga Champions 2017/2018, Milorad Mazic, pernah mendapat predikat sebagai pengadil lapangan terburuk di Piala Dunia 2014.

UEFA menetapkan Mazic bakal memimpin laga antara Liverpool melawan Real Madrid pada laga puncak Liga Champions di Kiev, 26 Mei. Keputusan konfederasi sepak bola Eropa tersebut sempat mencuatkan kekhawatiran di antara para fan kedua tim, terutama di media sosial.

Dikutip dari Pulse, kekhawatiran itu tak lain karena sang wasit asal Serbia itu pernah ‘dinobatkan’ sebagai wasit terburuk di gelaran Piala Dunia 2018.

Berdasarkan hasil jajak pendapat di situs pemerhati para pengadil lapangan dunia, Redcardtheref.com, Mazic menempati posisi teratas sebagai wasit paling buruk di pesta sepak bola dunia di Brasil tersebut.

Mazic total mendapat suara sebesar 87.362 dari 110.000 pemilih di situs tersebut. Terpilihnya sang pengadil lapangan itu memang dilatarbelakangi oleh sejumlah keputusannya yang dianggap paling kontroversial saat memimpin pertandingan di Piala Dunia 2014.

Kontroversi yang disebut-sebut paling heboh adalah ketika Mazic memberikan hadiah penalti untuk timnas Jerman ke gawang timnas Portugal. Joao Perera dianggap menarik Mario Goetze di dalam kotak penalti.

Ia juga memberikan kartu merah kepada Pepe yang menanduk Thomas Mueller. Laga tersebut berakhir untuk kemenangan Jerman dengan skor telak 4-0.

Keputusan Mazic juga memancing kemarahan para fan Iran saat laga timnya melawan Argentina di fase grup Piala Dunia. Pasalnya, sang wasit tak memberikan penalti kepada Iran setelah Ashkan Dejagah dijatuhkan Pablo Zabaleta di dalam kotak penalti pada menit ke-56.

Protes para pemain Iran pun tak digubris Mazic. Dalam tayangan ulang terlihat jelas kaki Zabaleta memang menjegal kaki Dejagah di dalam kotak penalti. Laga berakhir untuk kemenangan Argentina 1-0 berkat gol Lionel Messi.

Pada gelaran Liga Champions musim ini, Mazic juga tercatat baru memimpin laga sebanyak empat kali di fase grup, salah satunya laga Barcelona melawan Juventus.

Total sudah 13 kartu kuning yang keluar dari sakunya dalam empat kali memimpin pertandingan Liga Champions di fase grup. Ironisnya, Mazic yang kini bakal memimpin pertandingan final turnamen paling bergengsi di Eropa tersebut. (ak/cnn)

Back to top button