Sandiaga Uno Tegaskan Pergub Larangan Kegiatan Politik di CFD Masih Berlaku

Abadikini.com, JAKARTA – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyatakan peraturan Gubernur (Pergub) tentang larangan kegiatan agenda politik di Car Free Day di Jalan Sudirman-MH.Thamrin Jakarta, masih berlaku hingga hari ini.

“Masih dong, Pergubnya kan udah ditandatangani Pak Basuki,” kata Sandiaga kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Senin 30/4/2018).

Aturan itu tertuang dalam Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 12 Tahun 2016, tentang Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) yang ditandatangani oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Dalam Bab V, Partisipasi Pengisian Acara HBKB, Pasal 7 (1) : sepanjang jalur HBKB hanya dapat dimanfaatkan untuk kegitan yang bertema: (a) lingkungan hidup (b) olahraga dan (c) seni dan budaya.

Pasal 7 (2) disebutkan, HBKB tidak boleh dimanfaatkan untuk kepentingan partai politik dan SARA serta orasi ajakan untuk menghasut.

“Bahwa kegiatan Car Free Day di Jalan Sudirman-MH.Thamrin sebagai tempat untuk berkumpul dan menjalin kebersamaan. Tapi tetap saja kan CFD itu harus jadi tempat kebersamaan, tempat persatuan, bukan tempat memecah belah,” ujarnya.

Sandi meyatakan, dirinya akan mengcek terlebih dahulu Kaitan dengan beredarnya video kegiatan massa berkaos #2019GantiPresiden yang diduga melakukan tindakan intimidasi terhadap warga yang mengenakan kaos #DiaSibukKerja pada acara Car Free Day di Bunderan Hotel Indonesia Jakarta pada Minggu 29 April 2018 kemarin.

“Mau cek beberapa informasi yang simpang siur dan kita mau verifikasi dulu karena di situ ada beberapa dinas yang menangani kan yang CFD,” katanya.

Pengecekan yang akan dilakukan oleh Sandiaga yaitu melalui dengan monitor kamera pemantau smart city milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Apakah itu video hasil editan atau bukan.

“Kan sekarang udah ada teknologinya tuh bikin video hoax. Jadi aku lagi mintasmart city pastikan dulu videonya kan yang masuk banyak sekali bukan hanya yang kita lihat yang viral, ada beberapa video. Itu lagi saya kirim,” pungkasnya. (beng.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker