Tiket Kereta Api Lebaran Ludes, Masih Ada 13 Ribu Kursi Tambahan

Abadikini.com, JAKARTA- Jelang libur lebaran, pemesanan dan penjualan tiket kereta api jurusan Jakarta ke beberapa destinasi di Jawa Tengah dan Jawa Timur telah habis terjual.

Senior Manager Humas DAOP I, Edy Kuswoyo, yang dihubungi VIVA menjelaskan pemberangkatan kereta api reguler dan tambahan dari Stasiun Pasar Senen ke semua tujuan mulai dari tanggal 8 hingga 16 Juni 2018 telah habis terjual.

Sedangkan untuk pemberangkatan kereta api reguler dan tambahan lebaran dari stasiun Gambir ke semua tujuan mulai dari tanggal 12 hingga 14 Juni 2018 pun telah habis terjual.

Namun, untuk kereta api tambahan pemberangkatan dari stasiun Gambir tujuan Bandung, Cirebon, Tegal, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya Pasar Turi dan Malang untuk tanggal 8 hingga 11 Juni 2018 masih tersedia.

“Pemesanan dan penjualan tiket KA reguler untuk masa angkutan Lebaran 2018 telah dimulai pada 7 Maret lalu. Rata-rata tiket KA tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur pada tanggal favorit yakni 11 hingga 14 Juni telah habis terjual,” kata dia, Senin 16 April 2018.

Untuk mengantisipasi tingginya animo masyarakat, PT KAI DAOP I pun akan mengoperasikan 16 KA Tambahan dengan jumlah tempat duduk sebanyak 9.326 kursi. Pemesanan dan penjualan pun telah dibuka sejak dini hari tadi pukul 00.01 WIB.

Jumlah perjalanan KA sebanyak 78 KA per hari pada operasi Lebaran tahun 2018, terdiri dari 53 KA reguler (28 KA yang berangkat dari stasiun Gambir dan 25 KA yang berangkat dari stasiun Pasar Senen) dengan total tempat duduk sebanyak 30.764 kursi.

Sedangkan KA tambahan dalam masa Angkutan Lebaran 2018 ini, dari stasiun Gambir terdapat sembilan KA tambahan dan delapan KA fakultatif. Sedangkan dari Stasiun Pasar Senen terdapat tujuh KA tambahan dan satu KA fakultatif. Dengan total keseluruhan tempat duduk KA tambahan dan KA fakultatif sebanyak 13.816 kursi.

“Dengan ini total kapasitas tempat duduk yang tersedia sebanyak 44.580 kursi per hari,” jelas dia.

Berikut daftar KA tambahannya :

Eddy menjelaskan, bagi masyarakat yang hendak melakukan pemesanan tiket KA tambahan Lebaran tahun ini, PT KAI melayani pemesanan tiket 24 jam melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, contact center 121, gerai minimarket, jaringan PPOB, website dan mobile apps yang dikelola oleh mitra yang telah bekerja sama dengan KAI.

Di samping itu, loket reservasi stasiun melayani pemesanan mulai pukul 09.00-16.00 WIB. Sedangkan, jika Anda memesan tiket melalui E-Kiosk (vending machine) di stasiun, proses pemesanan dimulai pukul 05.00-22.00 WIB.

(ak/viva)

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker