KPK Telusuri 5 Pejabat SKPD Beri Suap ke Bupati Bandung Barat

Abadikini.com, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah menelusuri sejumlah uang suap yang diterima Bupati Bandung Barat, Abu Bakar. Sebab, KPK menduga ada lebih dari lima Satuan Kepala Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Bandung Barat yang memberi suap ke Politikus PDIP itu.

“Kemungkinan ada atau tidak dari lima itu kami memang dapat info ada dugaan selain lima dinas tersebut. Perlu kita klarifikasi dan telusuri lebih lanjut, termasuk terkait apakah ada pihak-pihak lain di dinas yang lain, selain lima dinas atau lima unit yang ada di pemerintahan kabupaten setempat tapi itu,” ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jumat (13/4/2018).

Menurut dia, penyidik juga akan mendalami soal uang suap yang diduga digunakan Abu Bakar untuk kepentingan kampanye istrinya, Elin Suharliaih. Hal itu, kata Febri, dilakukan untuk memperkuat berkas perkara Abu Bakar.

“Nanti dalam proses penyidikan kita bisa menelusuri lebih lanjut misalnya terkait dengan penggunaan dana Pilkada. Apakah ada yang sudah digunakan atau belum dan sejauh mana pengetahuan pihak lain terkait dengan hal ini,” jelas Febri.

Sebelumnya, KPK menetapkan Abu Bakar, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bandung Barat Weti Lembanawati, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Bandung Barat Adityo, dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Bandung Barat Asep Hikayat sebagai tersangka kasus dugaan suap.

“KPK meningkatkan status penanganan perkara dari penyelidikan ke penyidikan dan menetapkan beberapa orang sebagai tersangka,” kata Wakil Ketua KPK Saut Situmorang di Gedung KPK Kuningan Jakarta Selatan, Rabu 11 April 2018.

KPK menyebut rata-rata nilai masing-masing SKPD menyetor uang Rp 40 juta untuk Abu Bakar. Abu Bakar diduga menerima suap Rp 435 juta untuk keperluan kampanye istrinya, Elin Suharliah, yang mengikuti Pilbup Bandung Barat.

Uang itu diduga diminta Abu Bakar secara terus menerus kepada sejumlah kepala dinas di wilayahnya dalam kurun waktu Januari hingga April 2018.

Elin Suharliah mencalonkan diri sebagai bupati Bandung Barat berpasangan dengan Maman Sunjaya sebagai wakilnya. Keduanya diusung oleh tiga partai yakni PDIP, PPP, dan PKB. (selly.ak/merdeka)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker