Persiapkan Sail Tidore 2021 Ali Ibrahim Gelar Rapat Bersama Komite Seni Budaya Nusantara

Abadikini.com, TIDORE – Walikota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim memimpin langsung rapat persiapan Sail Tidore yang direncanakan akan digelar pada tahun 2021 bersamaan dengan napak tilas 5 abad perjalanan Magellan bertempat di Ruang Rapat Walikota, Rabu (11/4/2018).

Capt. H. Ali Ibrahim tidak sendiri memimpin rapat beliau didampingi oleh Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan M. Thamrin Fabanyo, bersama Ketua Komite Seni  Budaya Nusantara (KSBN) Mayor Jenderal TNI (Purn) Hendardji Soepandji dan Ibu serta Laksamana Muda TNI (Purn) Iqnatius Dadiek Surarto yang baru tiba dari Jakarta.

Kehadiran Purnawirawan Jenderal tersebut dalam rangka untuk menghadiri HJT 910 yang direncanakan esok (12/4) dan mereka berdua memegang komitmen untuk mendukung kegiatan Sail Tidore 2021.

“Tidore menjadi sentral point dari napak tilas Magellan karena Arah kompas yang menunjukan dunia itu bulat ditemukan di Tidore. Pada peta perjalanan Megalhen Kota Tidore nampak jelas dipeta ini membuktikan bahwa kota Tidore sudah dikenal sejak dulu karna rempah-rempahnya seperti cengkeh, pala dan kayu manis,” kata Ali Ibrahim.

Walikota bersama Sekretaris Daerah sepakat mengatakan bahwa hal tehknis harus dipersiapkan secara matang dan menggunakan sistem Multy Year dikarenakan persiapan ini menyangkut infrastuktur. Hendarji sendiri meminta agar persiapan Sail Tidore ini bukan hanya untuk persiapan seremonial saja tapi harus berkelanjutan, agar masyarakat juga bisa ikut merasakan dari dampak kegiatan ini(Sail Tidore).

Rapat yang dihadiri oleh Organisasi Perangkat Daerah Kota Tidore Kepulauan terkait, menekankan beberapa Faktor yakni Pertama Pariwisata Global mengenai wisata bahari (akses, atraksi, akomodasi dan sarana prasarana), kedua Faktor Ekonomi dimana diharapkan kegiatan Sail Tidore juga bisa berdampak langsung maupun tidak langsung dengan ekonomi masyarakat Tidore Kepulauan secara khusus dan secara umum masyarakat Provinsi Maluku Utara, Ketiga Faktor Pemanfaatan Tehknologi, dan Keempat Faktor Ilmu Pengetahuan terkait tentang Pembangunan Museum.

Seperti diketahui Pemerintah Kota Tidore Kepulauan sedang bersiap untuk menghadapi Sail Tidore 2021 dimana Kota Tidore Kepulauan masuk dalam anggota Jaringan Global Kota Megalhen yang mana akan melaksanakan Napak Tilas 5 Abad silam. Pemerintah Kota Tidore Kepulauan yang diwakili oleh Sekretaris Daerah mengikuti pertemuan Jaringan Global Kota Megalhen ke VII di Argentina beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan tegaskan dirinya dan kementeriannya siap mendukung dan mensukseskan Kegiatan Sail Tidore 2021 dalam rangkah napaktilas 500 tahun Magelhaens (Espedisi Laut Terbesar Dunia).

Hal itu dikatakanya setelah melakukan pertemuan dengan Walikota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim, MH di kantornya jalan HM Tamrin Jakarta Pusat, Rabu (7/3/2018). (g.ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker