Jokowi Disarankan Minta Maaf ke Rusia Soal Ucapan Tsamara Amany

Abadikini.com, JAKARTA- Langkah Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengkritik kepemimpinan Presiden Rusia Vladimir Putin dinilai berlebihan dan dianggap dapat mengganggu hubungan diplomatik kedua negara.

Direktur Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN), Igor Dirgantara menyatakan, ucapan politisi PSI Tsamara Amany Alatas tidak tepat apalagi posisinya sebagai partai pengusung Jokowi di Pemilu 2019.

“Hubungan baik yang terjalin selama ini, antara Indonesia dan Rusia jangan sampai terganggu oleh elit politik yang tidak memahami pentingnya hubungan bilateral,” kata Igor melalui pesan singkat, Senin 9 April 2018.

Akibat dari pernyataan Tsamara, diketahui salah satu media Rusia, Rusia Beyond The Headlines (RBTH) sempat mengonfirmasi perihal sistem demokrasi di negaranya.

Ia pun mengimbau, pemerintah perlu meminta maaf agar hubungan yang selama ini terjalin dengan baik berimbas pada kerja sama di bidang ekonomi dan pertahanan. Setidaknya, lawatan Putin dalam waktu dekat ke Tanah Air bisa menjadi momentum mengklarifikasi ucapan Tsamara.

“Sebaiknya Presiden Jokowi melakukan inisiatif, dan mengambil langkah elegan dengan menyampaikan permintaan maaf kepada Presiden Putin dan pemerintah Rusia,” ujarnya.

Sebelumnya Wakil Sekretaris Jenderal partai Gerindra, Sudaryono, menyatakan kritik Tsamara terhadap Rusia dan kepemimpinan Presiden Rusia Vladimir Putin bisa merusak hubungan antara Indonesia dengan Rusia.

Hal itu bermula saat Tsamara menanggapi ucapan Wakil Ketua DPR Fadli Zon yang juga politisi Partai Gerindra, menyatakan Indonesia membutuhkan pemimpin seperti Putin.

Putin disebutkan oleh Fadli, sebagai pemimpin yang berani, visioner dan tidak planga – plongo.

“Pernyataan politikus pendukung Jokowi yang tidak akurat, tidak disertai data, bahkan cenderung fitnah itu tidak baik dan merugikan bangsa,” kata Sudaryono di Jakarta, Minggu, 8 April 2018. (ak/viva)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker