WHO Sebut 65 Juta Orang di Asia Tenggara Berisiko Jatuh Miskin, Ini Analisisnya

Abadikini.com, JAKARTA- Direktur Regional WHO untuk Asia Tenggara Poonam Khetrapal Singh mengatakan, 65 juta orang di Asia Tenggara berisiko jatuh ke jurang kemiskinan karena tidak bisa mengakses layanan kesehatan dasar yang mahal.

“Mereka harus mengeruk kantong mereka untuk membeli obat, terutama yang menderita penyakit seperti gangguan jantung dan diabetes,” kata Poonam melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis (5/4).

Untuk mengatasi hal itu, kata dia, diperlukan banyak upaya meningkatkan ketersediaan sumber daya manusia bagi kesehatan serta ketrampilan tenaga kesehatan dan tenaga penunjang.

Juga diperlukan upaya untuk memastikan tenaga kesehatan dan tenaga penunjang mau menetap di daerah pedesaan dan daerah yang sulit dicapai, demi memastikan adanya pelayanan kesehatan bermutu bagi setiap orang di manapun mereka berada.

“Hampir setengah populasi di Asia Tenggara masih belum sepenuhnya mendapatkan akses terhadap pelayanan kesehatan dasar. Ketidaksetaraan masih terjadi,” tutur Poonam.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker