Wagub Sumbar, Nasrul Abit: Lulusan SMK di Solok 30 Persen Sudah Masuk ke Dunia Kerja

Abadikini.com, SOLOK – Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menyatakan lulusan SMK sudah ada yang siap untuk lansung turun kelapangan. Hal ini disampaikannya usai meninjau pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMK di Kabupaten Solok dan Kota Solok, Selasa (3/4/2018).

“Kita bisa ambil contoh, dari SMK 1 Kota Solok, berdasarkan data dari kepala sekolah-nya, sebanyak 30 persen sudah masuk ke dunia kerja,” kata Nasrul, Selasa (3/4/2018).

Nasrun menegaskan, bagi yang belum mampu menjadi tugas Provinsi dan Kabupaten/ Kota untuk mendiklatkan mereka kembali dengan masuk ke tempat pelatihan-pelatihan yang kita punya, dan setelah itu baru siap ke dunia kerja dan itu akan kita sipakan.

Kemudian, Nasrul Abit juga menginginkan agar seluruh siswa yang ikut UN di Sumatera Barat saat ini dapat lulus 100 persen.

“Namun kita berharap, kelulusan bukan hanya di segi kuantitas saja, namun juga dari segi kualitas juga harus mumpuni,” ujarnya.

Dengan sudah dimulainya era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Wagub menginginkan agar para lulusan SMK mempunyai kemampuan secara khusus dibidangnya termasuk kemampuan berbahasa inggris.

“Jadi mereka tidak ragu lagi bersaing dengan tenaga-tenaga kerja dari negara lainnya, harapakan kita bonus demografi yang ada akan membawa dampak positif terhadap ekonomi dan sumber daya manusia khususnya di Sumatera Barat,” ungkapnya.

Kemudian dari 2 sekolah yang ditinjau oleh Wakil Gubernur, tidak ditemukan kendala dalam pelaksanaan UN.

“Jumlah siswa yang ikut UN di sekolah ini tahun ini berjumlah 550 orang, dibagi menjadi 7 labor dengan 3 sesi” terang kepala sekolah SMK 1 Solok, Zuhilmi.

 

Sumber: Humas Pemprov Sumbar
Kontributor Sumbar: Zulfahmi/jasman
Editor: Selly

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker