Ali Ibrahim: Lima Produk Unggulan Kota Tidore Kepulauan Go Internasional

Abadikini.com, KUALA LUMPUR – Sebanyak Lima Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dari 5 desa di Kota Tidore Kepulauan ikut ambil bagian dalam Pameran Produk Unggulan Desa yang bertajuk Indonesia Archipelago Exhibition di Kuala Lumpur, Malaysia yang akan berlangsung pada tanggal 3 -5 April 2018.

Kelima BUMDes ini tergabung dalam 115 BUMDes se Indonesia yang memamerkan produk-produk dan pameran dari unit usaha ekonomi pedesaan yang di prakarsai oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) RI bekerjasama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Malaysia.

Walikota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim mengatakan, melalui kesempatan Indonesia Archipelago Exhibition ini, produk unggulan desa di Kota Tidore Kepulauan mampu Go Internasional dan salah satunya menembus pasaran Malaysia.

“Setelah pelaksanaan pameran ini, Dinas PMD harus terus melakukan pembinaan kepada desa untuk terus meningkatkan produksinya serta bagaimana memasuki pasar hasil produksi sehingga tidak berakhir disini, kedepannya desa ini harus bisa menjadi Desa Maju, Mandiri dan sejahtera, meningkatkan pendapatan desa dan menciptakan lapangan kerja”, kata Ali Ibrahim di Kuala Lumpur, Rabu (4/4/2018).

Ali Ibrahim menjelaskan, Pemkot Tidore Kepulauan saat ini telah persiapkan sumberdaya manusia di desa-desa dan akan memangkas rantai biroksasi dalam proses perijinan guna mempermudah investor yang berinvestasi.

“Untuk Pemkot sendiri, saat ini telah mempersiapkan SDM di desa, mempersiapkan lahan dan sedang menyusun regulasi serta memangkas rantai birokrasi perizinan yang panjang menjadi lebih sederhana terkait kerjasama dengan sejumlah investor yang siap berinvestasi di Kota Tidore Kepulauan,” jelasnya.

Dalam pameran ini Walikota berkesempatan menghadiri Bussiness Meeting yang difasilitasi Kemendes bersama Kedubes untuk mempertemukan Pemerintah Daerah dengan sejumlah investor, dimana Walikota dapat memaparkan potensi SDM dan SDA di hadapan sejumlah investor.

Kelima desa yang hadir dalam pameran ini antara lain; Desa Maregam, Desa Tauno, Desa Todapa, Desa Toseho dan Desa Aketobololo.

Adapun produk yang dipamerkan dalam Indonesia Archipelago Exhibition ini antara lain bahan non pokok, bahan pokok, herbal atau rempah, kerajinan, kopi, makanan ringan dan destinasi wisata.

Kegiatan ini disponsori oleh sejumlah BUMN dan Perusahaan Swasta Nasional seperti dari PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BRI), PT Bank Negara Indonesia Tbk. (BNI), PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk., Dan PT Bank CIMB Niaga Tbk. (g.ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker