Kembangkan Agrobisnis di Tidore Kepulauan, Ali Ibrahim Gaet Investor Asal Brunei Darussalam

Abadikini.com, JAKARTA – Kerjasama investasi antara Pemerintah Kota Tidore Kepulauan bersama PT Halmahera Jaya Gemilang dan Investor Brunei Darussalam BIMP-EAGA Business Council ditindaklanjuti dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) oleh lima pihak.

Penandatanganan MoU ini dilakukan setelah Walikota, H. Ali Ibrahim tiba di Negara Brunei Darussalam Selasa (27/3/2018) kemarin yang diundang untuk membicarakan kelanjutan rencana kerjasama investasi di Kota Tidore Kepulauan.

Kehadiran Walikota bersama rombongan di Bandara Internasional Brunei Darusalam langsung di sambut oleh Chairman Asean Midle East Economic Advisory Conference General Assembly (AMEEACGA) YM. Pengiran Yura Kesteria PSN Yusuf yang merupakan Keponakan dari Sultan Brunei Hassanal Bolkiah,  bersama Chairman International Financial Assistance Conference General Assembly Hanis Adenan serta sejumlah investor dari Malaysia dan Thailand di kantor BIMP-EAGA Business Council di Mall Airport  Berakas, Brunei Darussalam.

Penandatanganan MoU lima Pihak antara Pemkot Tikep, PT Halmahera Jaya Gemilang, Chairman AMEEACGA,CEO IFACGA dan Kesultanan Tidore. Foto Istimewa

Sebelum menindaklanjuti penandatanganan MoU antara ketiga pihak, Walikota H. Ali Ibrahim berkesempatan memaparkan sejumlah potensi unggulan dan peluang investasi di Kota Tidore Kepulauan di hadapan para investor.

“Pemerintah Kota Tidore kepulauan juga telah menetapkan sejumlah lokasi yang akan menjadi sentra tertentu dalam rencana investasi tersebut, seperti Agribisnis dan pengolahan hasil pertanian di Kecamatan Oba Tengah, Oba dan Oba Selatan. Peternakan di Kecamatan Oba dan Oba Selatan serta perikanan di sepanjang pesisir Kecamatan Oba Tengah, Oba dan Oba Selatan,” kata Ali Ibrahim melalui keterangan rilisnya kepada abadikini.com, Kamis (29/3/2018).

Usai penandatanganan MoU, H. Ali Ibrahim mengatakan bahwa Pemerintah Kota Tidore Kepulauan sangat terbuka dan menantikan kehadiran YM Pengiran Yura Kesteria bersama Hanis Adenan dan sejumlah Investor ke Kota Tidore Kepulauan, untuk merealisasikan perjanjian kerjasama ini. Apalagi di Bulan April nanti ada beberapa perayaan budaya Tidore yang siap menyambut kehadiran rombongan dari Brunai Darusalam.

Senada dengan Walikota, Pimpinan BIMP-EAGA Business Council P. Y Kesteria Yusuf setelah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU),  menyatakan keinginannya untuk dapat segera ke Tidore dalam rangka membalas kunjungan Walikota Tidore dan Rombongan dan juga untuk penandatangan Memorandum of Agreement (MoA) di Tidore

Dalam Memorandum of Understanding (MoU) tercatat 10 kerjasama yg akan dilakukan antara ketiga pihak antara lain; Agribisnis, Perkebunan, Peternakan, Perikanan, Akuakultur, Pertambangan, Infrastruktur strategis, Pariwisata, Pendidikan kesehatan dan lain-lain.

Dalam Kunjungan ini Walikota didampingi Staf Ahli Walikota Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Asrul Sani Soleman,  Assisten Sekda Bidang Administrasi, Kartini Elake, Kadis Pertanian Imran Jasin dan Kadis Perijinan Safruddin Adam, bersama Jojau Kesultanan Tidore, H. Amin Faruk. (g.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker