Waspada, Manado Menjadi Kota Peredaran Terbanyak Uang Palsu

Abadikini.com, MANADO – Bank Indonesia (BI) melaporkan temuan peredaran uang palsu terbanyak berada di kabupaten dan kota, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Manado tahun 2017.

“Ada sebanyak 600 lembar uang palsu yang ditemukan di Kota Manado sepanjang tahun 2017,” kata Kepala BI Perwakilan Sulut, Soekowardojo di Manado, Selasa (13/3/2018).

Soekowardojo mengatakan, secara keseluruhan temuan uang palsu di Sulut tahun 2017 sebanyak 723 lembar atau naik sebesar 98,62 persen jika dibandingkan tahun 2016 hanya 364 lembar.

Ia mengatakan jumlah lembar uang palsu yang ditemukan tahun 2017 merupakan yang terbanyak jika dibandingkan sejak tahun 2010. Sehingga, pihaknya terus melakukan sosialisasi dan edukasi khsususnya kepada masyarakat di Kota Manado, karena merupakan kota yang paling sering ditemukan uang palsu tersebut.

Masyarakat kata dia, harus lebih jeli lagi membedakan mana uang palsu dan asli, karena akan merugikan warga itu sendiri. “Karena tidak akan ada penggantian uang palsu dari siapapun,” jelasnya.

Temuan uang palsu ini, lanjutnya, banyak ditemukan oleh teller bank, toko, maupun di kalangan masyarakat umum. Jika ada masyarakat yang merasa curiga, Soekowardojo mengimbau masyarakat segera melapor ke pihak kepolisian agar ditindaklanjuti. (leo.ak/okz)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker