Hindari Kemacetan, Rupanya Sekarang Sudah Ada Mobil Terbang??

Abadikini.com, JAKARTA – Pernahkan anda membayangkan mengendarai sebuah mobil terbang? Mungkin selama ini anda hanya bisa melihatnya di film-film. Namun, kini mobil terbang anti macet tersebut sudah benar-benar diproduksi di dunia nyata.

Baca Juga

Seperti dikutip dari  cnbc.com, dailymail.co.uk dan beberapa laman lain, mobil terbang pertama yang bisa anda beli telah diperkenalkan pada helatan Geneva International Motor Show yang dibuka pada 8 Maret dan akan berakhir pada 18 Maret 2018. Mobil tersebut dibuat oleh pabrikan asal Belanda PAL-V yang juga sudah resmi meluncurkan produknya itu, Selasa (6/3/2018).

Pemesanan awal mobil terbang ini sudah bisa dilakukan melalui laman resmi pal-v.com. Namun, produknya baru mulai dikapalkan pada awal 2019 setelah mendapatkan sertifikasi keamanan terakhir.

Mobil terbang ini dilansir telah melakukan pengujian selama 6 tahun. Perusahaan PAL-V internasional akhirnya meresmikan mobil terbangnya ini karena ingin mengalahkan para pesaingnya. PAL-V ingin menjadi produsen mobil terbang pertama di dunia.

Spesifikasi

Mobil terbang dengan kapasitas dua orang ini diklaim mempunyai kecepatan maksimal 161 kilometer per jam. Sedangkan ketika di udara, mobil ini bisa mencapai 180 kilometer per jam. Ketinggian maksimum 11.000 kaki atau sekitar 3300 meter, jangkauan udara maksimal diperkirakan sekitar 350 mil.

Bahan utama dari mobil ini adalah serat karbon, titanium dan aluminium serta memiliki berat 680 kg. Ketika diterbangkan, mobil ini membutuhkan landasan pacu sepanjang 165 meter untuk lepas landas. Sedangkan ketika mendarat, mobil ini hanya membutuhkan jarak 30 meter saja.

Mobil terbang pertama ini dilengkapi dengan sistem yang serupa dengan sepeda motor. Ia bergantung pada pengendara yang mengontrol kendaraan tersebut dengan tongkat kemudi. Tongkat kemudi ini akan berfungsi baik di darat maupun di udara.

PAL-V Internasional merancang mobil ini sehingga ia bisa melipat baling-balingnya hanya dengan menekan tombol. Sementara untuk menyokong dua mesin tenaga kuda 100-nya, mobil ini menggunakan bensin normal tanpa timbal.

Mobil ini memerlukan intervensi manual ketika ingin diubah dari mode darat menjadi udara. Hal ini tak akan sesederhana dengan menekan tombol saja. Meskipun demikian, PAL-V mengklaim transformasi ini dapat dilakukan kurang dari 10 menit.

Penjualan mobil terbang ini akan dimulai dengan model terbatas atau limited edition-nya yang akan diproduksi sebanyak 90 buah. Harga yang ditawarkan untuk model terbatas ini adalah 499.000 euro atau sekitar 8,5 miliar rupiah.

Selain model terbatas, akan tersedia juga model “Liberty Sport Edition” yang akan dijual dengan harga lebih murah. Perkiraan harga yang ditawarkan adalah 299.000 euro atau sekitar 5,1 miliar rupiah.

Harga-harga di atas sudah termasuk pelajaran mengemudikan mobil terbang tersebut. Mobil terbang ini bersertifikat untuk terbang di bawah peraturan Amerika Serikat dan badan keamanan Eropa. Selain itu, pemilik mobil terbang ini juga harus memiliki lisensi pilot di samping Surat Izin Mengemudi. (selly.ak/pr)

Back to top button