Jokowi Sambut Hangat Kunjungan Mendagri Australia di Istana Negara

Abadikini.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Australia, Peter Dutton, yang baru saja ditunjuk pada Desember 2017 lalu, di Istana Merdeka, Jakarta.

Kunjungan ke Indonesia ini merupakan kunjungannya yang pertama sejak ia dilantik sebagai Mendagri di negeri kangguru itu.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, yang dalam pertemuan itu mendampingi Presiden Jokowi mengatakan bahwa Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull, melalui Mendagri Australia mengundang Presiden untuk hadir dalam KTT ASEAN-Australia. Peter juga memperkenalkan dirinya kepada Kepala Negara dan menjelaskan tugas-tugasnya sebagai Mendagri.

“Mr. Peter melakukan kunjungan kehormatan kepada Bapak Presiden dan menyampaikan undangan Perdana Menteri Turnbull untuk hadir dalam ASEAN-Australia Summit di pertengahan bulan ini,” ujar Retno dari keterangan resmi Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (5/3/2018).

Jokowi sendiri menyanggupi undangan yang diberikan tersebut dan berkenan untuk hadir dalam KTT ASEAN-Australia. Rencananya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan Malcolm Turnbull.

“Bapak Pesiden menyampaikan insya Allah akan hadir dan dalam pertemuan bilateralnya akan menyampaikan beberapa isu kepada Perdana Menteri Turnbull,” tuturnya.

Selain Retno, turut hadir mendampingi Presiden ialah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. (leo.ak/okz)

Baca Juga

Back to top button