Walikota Ali Ibrahim Lantik Baznas Kota Tidore Kepulauan

Abadikini.com, TIDORE – Walikota Tidore Kepulauan, Capt. H. Ali Ibrahim, MH melantik Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Tidore Kepulauan Masa Bakhti 2017-2022 bertempat di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota, Kamis (8/2/2018).

Dalam sambutannya, Ali Ibrahim menyampaikan keberadaan BAZNAS sebagai lembaga pemerintah nonstructural di bawah naungan Kementerian Agama, merupakan instrument untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat yang dikeluarkan masyarakat khususnya Umat Islam, “serta meningkatkan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat sekaligus penanggulangan kemiskinan di Indonesia, khususnya Kota Tidore Kepulauan”, ujarnya.

Pasalnya Kata Ali Ibrahim, Ada 4 (empat) factor yang mendukung keberhasilan dari zakat, yaitu Regulator dari pemerintah sudah cukup banyak dan lengkap mulai dari Undang-undang Peraturan Pemerintah, Instruksi Presiden hingga Peraturan BAZNAS. “Motivator dimana Kementerian Agama menjadi motor penggerak dari gerakan sadar zakat ini, Koordinator  dalam hal pengumpulan zakat dan pendistribusiannya dan Fasilitator dalam hal ini Pemda sudah memberikan banyak fasilitas kepada BAZNAS seperti kantor, kendaraan dana operasional dan sebagainya demi menunjang peningkatan kinerja BAZNAS Kota Tidore Kepulauan”, ucapnya.

Dengan demikian dirinya berharap kepada Pimpinan BAZNAS yang dilantik, agar program-program yang dilakukan BAZNAS ke depan agar lebih mempertegas fungsi BAZNAS sebagai amil zakat. “Dan BAZNAS perlu secara rutin dan transparan menginformasikan kepada masyarakat penerimaan zakat, infaq dan shadaqah serta pendistribusiannya, terlepas dari banyak atau sedikit dana yang terkumpul”, harpanya.

Diketahui, pembentukan Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Tidore Kepulauan berdasarkan Surat Keputusan Walikota Tidore Nomor 141.15 Tahun 2017. Adapun jumlah pejabat yang dilantik sebanyak 5 orang.

Untuk Susunan Pimpinan BAZNAS Kota Tidore Kepulauan yang diangkat adalah Muhammad Rasyid sebagai Ketua BAZNAS, H.M. Saleh Yasin, S.Ag sebagai Wakil Ketua Bidang Pengumpulan, H. Humaidy M. Saleh, S.PdI sebagai Wakil Ketua Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, H. Hadad Nurdin, S.Ag sebagai Wakil Ketua Bidang Perencanaan, Keuangan dan Pelaporan, H. Masri Fathun sebagai Wakil Ketua Bidang Administrasi, SDM dan Umum.

Turut juga hadir pada upacara ini Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Rahmawati Muhammad Sinen, Asisten, Staf Ahli, Sejumlah Forkompinda, Pimpinan SKPD, Badan dan Bagian Lingkup Kota Tidore Kepulauan.(ak.g.humas)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker