Politisi Demokrat: Sumber Korupsi Terbesar Ada di Partai Politik, Bukan di Pilkada ??

Abadikini.com, JAKARTA – Anggota Komisi II DPR dari Fraksi Demokrat Fandi Utomo mengatakan pesta demokrasi, baik itu pemilu kepala daerah, pemilu legislatif, maupun pemilu presiden, bukanlah sumber dari permasalahan korupsi.

Menurutnya esensi terbesar korupsi  ada di dalam partai politik. sebagai penyedia kader untuk duduk di kursi legislatif dan eksekutif.

Hal itu disampaikan Fandi dalam diskusi yang diselenggarakan Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) dengan tema Pencapaian 2017 dan Proyeksi 2018, di Hotel Royal Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (25/1/2018).

“Sumber masalah korupsi bukanlah di pilkada, tetapi ada pada partai politik. Karena di dalam parpol lah terjadi mekanisme untuk menghadirkan kadernya di pemerintahan dan legislatif,” tutur Fandi.

“Kalau mau memberantas korupsi, haruslah diikuti dengan perbaikan parpol secara sungguh-sungguh,” tegasnya.

Fandi mengatakan, dinamika di Komisi II DPR akhir-akhir ini telah menunjukkan perbaikan di parpol, seperti pembahasan UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dan Peraturan DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu).

“Termasuk mendukung penerapan SIPOL (Sistem Informasi Partai Politik) sebagai upaya perbaikan parpol. Walaupun tidak diatur undang-undang, tetapi memberi implikasi perbaikan parpol,” paparnya. (bob.ak/ts)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker