Gubernur Sumbar Mendapatkan Leadership Award Tahun 2017 dari Kemendagri

"Memimpin suatu daerah ini beda, apalagi di Sumbar ini orangnya legaliter dia sangat independen dan mandiri, dan peningkatan pemberdayaan. Sehingga dengan begitulah lebih sukses dengan adanya program kita," Irwan Prayitno.

abadikini.com, JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI Memberikan penghargaan leadership award pada tahun 2017 kepada Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno.

Dalam hal itu, Gubernur Sumbar mengapresiasi Kemendagri atas program penghargaam untuk kepala daerah yang ada di Indonesia. Karena ini memberikan reword serta motivasi kepada kepala daerah untuk terus berkerja keras.

“Jadi penilaian sangat komprehensif, terkait diri kepala daerah. Karena penilaian leadership penilaiam leader atau diri dari kepala daerah itu sendiri atas prestasi-prestasinya pemimpin dalam rangka menguat kan kinerja dari janji kampanye, yang dikaitkan dengan realita hasil dan dinilai oleh tim independen,” terangnya.

“Karena sejauh mana suatu kepala daerah janji kampanye nya bisa terpenuhi,” tambahnya.

Selain itu, Irwan Prayitno juga menceritakan terkait gaya kepemimpinannya menjadi Gubernur Sumbar, hingga akhirnya dirinya mendapatkan penghargaan tersebut di tahun 2017 ini.

“Sebetulnya bagaimana kita bisa menggerakan potensi disekitar, termasuk itu Kepala Dinas, SKPD untuk mencapai suatu tujuan. Terus yang selanjutnya di masyarakat setempat, tokoh masyarakat dan juga tokoh adat ulama itu kita libatkan Untuk meningkatkan partisipantik, sehingga mereka mendukung program kita,” pungkasnya.

“Memimpin suatu daerah ini beda, apalagi di Sumbar ini orangnya legaliter dia sangat independen dan mandiri, dan peningkatan pemberdayaan. Sehingga dengan begitulah lebih sukses dengan adanya program kita,” tambahnya.

Lanjut dirinya menjelaskan bahwa keberhasilan kepala daerah itu tahu bagaimana mengembangkan dan mencapai tujuan suatu daerah tersebut.  “jadi kebanyakan yang gagal suatu kepala daerah itu dia tidak tahu tentang kearifan lokal suatu daerah itu sendiri dan juga tidak didukung, hingga akhirnya gagal,” kata Irwan.

“Jadi, sejauh mana dia membaca aspirasi-aspirasi dan diarahkan pada tujuan yang kita inginkna. Insyalah itu akan sukses,” katanya kembali.

Selama mempin menjadi Gubernur Sumbar, Irwan mengatakan banyak sekali dan tantangam itu menuturnya untuk menjadi motivasi untuk menyelesaikan.

“Tidak ada suatu tantangan permasalahan yang tidak selesai, apabila kita bekerja dengan serius dan bersungguh-sungguh,” ucapnya.

Upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Sumbar, Irwan Prayitno selaku orang nomor satu di Sumbar membuat inovasi suatu Gerakan Pensejahteraan Petani yang disingkat GPP, yaitu kita buat klaster disetiap kawasan desa atau nagari di Sumbar.

Kemudian dimana setiap SKPD terkait berkumpul dalam suatu kegiatan yang namanya GPP, dan dimana menciptakan suatu lapangan pekerjaan satu atau dua unit pekerjaan petani menjadi empat atau lima, yang kerjanya sekarang lebih dari empat jam bahkan lebih,  yang penghasilan 2 juta bisa menjadi empat juta.

“Nah ini gerakan mensejahterakan melalui inovasi bergabungnya dinas-dinas terkait untuk satu kawasan. Termasuk juga untuk perikanan kelauatan juga mirip. Nah gerakan ini bisa meningkatkan pendapatan masyarakat, dan berpengaruh juga pada kesejahteraan masyarakat itu sendiri,” bebernya.(zulfahmi/ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button