Sudah 16 Tahun Terapkan Otsus di Papua Angka Kemiskinan Diklaim Turun

Muhammad Musa'ad Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bapeda Papua) mengatakan selama 16 tahun menjalani otonomi khusus (Otsus) Provinsi Papua telah banyak mengalami perubahan ke arah yang positif

abadikini.com, JAKARTA – Dalam memperingati 16 tahun terbitnya UU Nomor 21 Pemerintah Provinsi Papua menggelar diskusi dengan tema ‘Ekspos Pengendalian Kebijakan Pelaksanaan Otonomi Khusus Provinsi Papua’. Diskusi tersebut digelar di Hotel Mercure, Glodok, Jakarta Selasa (12/12/2017).

Baca Juga

Muhammad Musa’ad Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bapeda Papua) mengatakan selama 16 tahun menjalani otonomi khusus (Otsus) Provinsi Papua telah banyak mengalami perubahan ke arah yang positif dan lebih baik.

Senada dengan Musa’ad, tokoh adat Papua Manuel Kaisiepo mengatakan “dana otsus Papua dana politik, UU Otsus Papua belum ada Peraturan Pemerintahnya, dan juga harus ada terobosan politik yang besar” ungkapnya.

Turut juga dalam diskusi tersebut Rektor Universitas Cendrawasih (Uncen) Apolo Safanpo juga mengemukakan “tujuan pembangunan Otsus di Papua adalah untuk mencapai kesejahteraan, dalam UU Otsus ada beberapa pasal yang sudah tidak bisa di implementasi penerapannya” tuturnya.

Selain itu, solusi ketertinggalan pembangunan Papua dengan provinsi-provinsi lain juga masih menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. “Kalau ada kekurangan sana sini, itu yang harus kita bicarakan. Mari kita bersama-sama mencari solusi. Namun, perkembangan-perkembangan yang ada juga harus tetap kita akui,” ujar Musa’ad. (ak.rafael n)

 

Back to top button