Soleh Solihun Bercerita Mengenai Buku dan Film “Mau Jadi Apa ?”

abadikini.com, JAKARTA- Soleh Solihun menerbitkan buku keempat yang berjudul ‘Mau Jadi Apa?’. Diterbitkan oleh Bentang Pustaka, buku tersebut tadinya berjudul lain.

Hal tersebut diungkapkan Soleh Solihun belum lama ini. “Tadinya ada judul yang saya ajukan ke pihak penerbit, memoar si macan kampus. Tapi kata pihak penerbit judulnya kurang kekinian. Hahaha…,” tutur Soleh sembari tertawa.

Setelah melewati proses diskusi, dari memoar macan kampus itu pun berubah judulnya menjadi ‘Mau Jadi Apa?’. 

“Mau Jadi Apa? itu dinilai lebih kekinian. Karena kan nantinya setelah orang lulus ya mau jadi apa. Pertanyaan itu yang masih ditanya-tanya oleh mahasiswa,” tutur Soleh lagi.

Julukan ‘macan kampus’ didapatkan Soleh saat dia masih jadi mahasiswa. Soleh kerap dijuluki karena terlalu aktif berkegiatan di kampus. Pagi, siang, maupun malam, dia selalu beredar di kampusnya.

“Di fase itu, saya juga mikir mau jadi apa yah. Sempat jadi wartawan, stand up comedian, dan sekarang di fase jadi penulis buku, sutradara, sekaligus pemain film,” tutup Soleh Solihun. 

 

Pria kelahiran 2 Juni 1979 itu menceritakan awal mula perjalanan dia sampai menerbitkan buku dan film dengan judul yang sama. “Saya nggak sengaja ketemu dengan pihak Mizan Productions yang mengatakan ingin membuat film bareng saya, dan juga menerbitkan buku memoar. Jadi project ini dibuat berbarengan, tapi bukunya rilis duluan. Baru film sebulan kemudian,” lanjut Soleh.

Cerita mengenai alumni jurnalistik Universitas Padjadjaran Bandung itu, lanjut dia, terbilang unik. Dia menyelesaikan studi setelah tujuh tahun bertarung di bangku kuliah. Selama itu pula, dia berhasil mendapatkan apa yang dicita-citakan.

“Saya ini orangnya fokus kuliah. Tongkrongannya ya di Jurnalistik Unpad aja. Nongkrong, cari pacar, sampai bikin majalah kampus,” pungkas Soleh. (ak.det)

Back to top button