Waspadai Biseksual, Penasaran dengan Orientasi Seksual Anda? Jawab Pertanyaan Ini

abadikini.com, JAKARTA – Orientasi seksual adalah sebuah spektrum, bukannya dua buah kutub berlawanan arah seperti yang selama ini dimengerti. Spektrum itu sendiri artinya adalah rentang kondisi yang luas yang dikelompokkan secara bersama.

Oleh karena itu, orientasi seksual tidak hanya terdiri dari heteroseksualitas (laki-laki menyukai perempuan, atau sebaliknya), namun juga ditemani oleh homoseksualitas (menyukai sesama jenis) dan biseksualitas di tengah ragam orientasi seksual lainnya.

Lantas, bisakah mengetahui seperti apa ciri biseksual? Ada sederet pertanyaan yang bisa Anda coba jawab sendiri untuk memastikan apakah Anda seorang biseksual atau bukan.

Biseksualitas termasuk ke dalam spektrum ragam orientasi seksual dalam payung LGBTQ+. Beda dengan gay atau lesbian yang tertarik hanya dengan seseorang yang berjenis kelamin sama, biseksual adalah orang-orang yang memiliki ketertarikan emosional, romantis, intelektual, dan/atau seksual pada laki-laki atau perempuan.

Lantas, jika selama ini sudah memiliki kecurigaan terhadap orientasi seksual yang agak berbeda, bagaimana cara mengetahui apakah Anda biseksual? Bisakah memastikan ciri biseksual yang mungkin ada dalam diri seseorang? Anda bisa menyadari orientasi seksual Anda di berbagai momen dalam hidup Anda.

Beberapa orang menyadari preferensi seksual mereka sejak usia dini, sementara orang lain baru mulai memahami perbedaan orientasi seksual mereka di usia dewasa. Jika Anda ragu, tanyakan ini pada diri Anda:

1. Apa Anda pernah memiliki fantasi seks dengan laki-laki dan perempuan?

Berfantasi, entah itu fantasi seksual atau romantis terhadap orang lain, bisa menjadi salah satu petunjuk pertama untuk mengetahui arah orientasi seksual. Rasa penasaran dan imajinasi yang Anda miliki kadang menunjukkan siapa diri Anda yang sebenarnya.

Normal untuk memiliki fantasi terhadap dua orang sekaligus. Misalnya, berciuman dengan sesama perempuan sementara berhubungan seks dengan laki-laki. Tapi, perlu ditekankan bahwa memiliki fantasi seks bertiga tak melulu menjadi patokan ciri biseksual.

Jika imajinasi ini terus berkembang liar dan memengaruhi selera seksual, Anda boleh bercermin kembali pada diri sendiri secara mendalam. Jika Anda masih merasakan gairah dan ingin menjalin lagi hubungan dengan jenis kelamin yang sama atau berbeda, ini adalah bukti yang cukup solid bahwa Anda mungkin seorang biseksual.

 

2. Apakah Anda merasa tertarik secara seksual dan romantis kepada laki-laki dan perempuan?

Rasa ketertarikan merupakan insting alami manusia yang akan tetap ada sampai kapanpun dan tidak dapat dielakkan. Oleh karena itu, mungkin dan wajar saja untuk merasa ketertarikan pada wanita dan pria.

Jangan salah, seorang pria yang straight (alias penyuka wanita) masih bisa saja menganggap seorang pria lainnya menarik, tapi hasrat seksualnya tidak tertuju pada sosok pria karena ia menyukai perempuan.

Seorang lesbian bisa saja menganggap seorang pria menarik secara fisik, tapi akan tetap merasakan ketertarikan yang lebih kuat terhadap cantiknya paras dan lembutnya sifat wanita, dibandingkan sosok pria manapun.

Bedanya, ciri biseksual adalah memiliki ketertarikan yang kuat dan seimbang pada kedua jenis kelamin, baik secara fisik, seksual, romantis, intelektual, dan emosional.

Ketertarikan ini bisa terjadi pada dua orang di saat yang bersamaan atau satu orang dan lainnya berlainan waktu. Jika Anda pernah berhubungan dengan pria di masa lalu, tapi merasa tertarik pada pria dan wanita, Anda mungkin biseksual. Jika Anda pernah berpacaran dengan wanita di masa lalu, tapi masih tertarik pada wanita dan pria, Anda mungkin biseksual.

Anda mungkin biseksual jika sama sekali belum pernah sekalipun menjalin hubungan nyata dengan salah satu jenis kelamin atau keduanya, tapi merasa tetap dan masih memiliki ketertarikan pada pria dan wanita.

 

3. Anda mulai bertanya dan mencari tahu segalanya tentang biseksualitas

Di antara banyak tanda tanya dan kegalauan identitas seksual yang dialami, Anda akan mulai menyempatkan diri mencari informasi lengkap untuk menjawab segala pertanyaan selama ini. Ini adalah tahap saat seseorang sudah mulai mencari kepastian, contoh pengalaman, dan pengakuan dari orang lain di luar sana.

Anda butuh suatu penentu yang meyakinkan bahwa identitas seksual Anda berbeda. Jika Anda membaca blog dan website tentang biseksual, menonton film bertema biseksual, atau mulai mengulik insipirasi hubungan dua arah di internet tanpa merasa risih, kemungkinan orientasi seks Anda memang berbeda. (teri.ak)

 

Sumber: kompas.com

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker