Amien Rais: Reklamasi untuk Kepentingan China di Indonesia

abadikini.com, JAKARTA – Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais menyayangkan pencabutan moratorium reklamasi Teluk Jakarta oleh pemerintah.

Amien mengatakan, pemerintah telah mengesampingkan kepentingan rakyat dengan mencabut moratorium reklamasi Teluk Jakarta.

Apalagi, Amien menilai proyek reklamasi hanya menguntungkan sebagian orang, terutama kelas atas.

“Bukan untuk rakyat Jakarta. Seperti saya ini, tidak mungkin akan membeli apartemen atau pertokoan atau perhotelan di Teluk Jakarta,” kata Amien, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (10/10/2017).

Amien juga curiga proyek reklamasi dilakukan untuk kepentingan negara asing atau perusahaan asing.

Amien menilai, proyek reklamasi bisa jadi merupakan perpanjangan kepentingan China di Indonesia. Menurut Amien, China tengah membangun jalur sutra lautan dan Teluk Jakarta menjadi salah satu wilayah yang diincar.

Karena itu, mantan Ketua MPR ini meminta Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan dan Sandiaga Uno menepati janjinya untuk menentang reklamasi Teluk Jakarta.

“Jelas sekali reklamasi subordinat untuk memfasilitasi kepentingan jalan sutra Laut China. Ini jelas untuk kita. Tapi ada seorang tua katakan tidak. Tapi bolehlah, enggak apa-apa,” ucap dia. (ak.leo/kompas)

 

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker