Indonesia Dikalahkan Malaysia, Facebook dan Instagram Bermasalah

abadikini.com, JAKARTA – Facebook dan Instagram mengalami permasalahan pada Sabtu pagi dan sore lalu. Sejumlah pengguna Instagram yang juga pengguna Facebook mengeluhkan tidak dapat masuk ke akun, ataupun mengalami permasalahan di dalam media sosial mereka.

Permasalahan yang terjadi pada akun Facebook termasuk kesulitan untuk memuat komentar pada unggahan ataupun mengunggah komentar pada unggahan rekan atau milik pengguna. Sementara pada Instagram, permasalahan terlihat pada kesulitan untu memuat feed pada

Phone Arena melaporkan pengujian cepat menampilkan bahwa kedua layanan telah mampu berfungsi di Florida Selatan, Amerika Serikat. Facebook telah merilis pernyataan yang menyebut permasalahan tersebut merupakan permasalahan teknis dan layanan telah diperbaiki.

Dilansir Theverge, Minggu (27/8/2017), pengguna Facebook melaporkan bahwa mereka tidak dapat mengakses kotak pesan, mengunggah gambar dan mem-posting update. Gangguan tersebut dialami merek yang memakai Facebook versi mobile dan web.

Menurut DownDetector, Facebook mengalami permasalahan sejak pukul 9:12 pagi EDT, mengakibatkan 38 persen pengguna tidak dapat mengakses akun mereka, sedangkan 38 persen lain mengalami kesulitan untuk mengakses Facebook secara keseluruhan, dan 22 persen pengguna lain tidak dapat mengakses foto mereka.

Pada puncaknya, lebih dari 9.600 pengguna Facebook mendaftarkan permasalahan mereka dengan DownDetector. Peta langsung menampilkan keluhan pengguna Facebook masih berdatangan dari semenanjung timur dan barat Amerika Serikat, serupa dengan bagan Instagram yang dihimpun oleh DownDetector.

Warganet yang mengeluhkan Instagram dan Facebook down pun berasal dari berbagai negara, mulai dari Amerika Serikat, sejumlah negara Eropa, Indonesia, Australia, India, Jepang hingga Brazil.

Di Indonesia, warganet mengeluh melalui Twitter sekitar 14 jam lalu, atau bertepatan dengan laga pertandingan semifinal sepak bola Sea Games Indonesia melawan Malaysia, Sabtu (26/8/2017) malam.

Pengguna dengan akun @vampiregadiez mencuitkan keluhannya disertai tagar #FacebookDown.

#FacebookDown tonight here in indonesia. Lets we go to sleep like a princess.. :’D

— Firsty Ukhti Molyndi (@vampiregadiez) August 26, 2017

Pengguna Twitter lainnya @bina_ssitepu pun mencuitkan tagar #FacebookDown bersama dengan kekalahan Timnas Indonesia.

Indonesia kalah (lagi) #facebookdown

— bina swasta sitepu (@bina_ssitepu) August 26, 2017

Sementara itu pada April 2012, Facebook membeli Instagram dengan nilai transaksi sebesar USD1 miliar (Rp13,3 triliun). Kala itu, nilai pembelian tersebut dinilai transaksi termahal yang pernah dilakukan raksasa media sosial tersebut.

Nilai tersebut menjadi jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan nilai transaksi yang harus dibayarkan Facebook untuk membeli WhatsApp sebesar USD21 miliar (Rp280 triliun). Pada kesepakatan tersebut diselesaikan pada Oktober 2014, Facebook menggunakan metode pembayaran kombinasi uang tunai dan saham untuk memenuhi harga pembelian. (ber.ak)

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close