12 Fakta Menarik Mengenai Pohon Terbesar di Planet Bumi

abadikini.com, JAKARTA – Inilah pohon raksasa, pohon terbesar di Planet Bumi. Pencakar langit alami ini berada di sebuah kawasan kecil di lereng barat pegunungan Sierra Nevada, California, Amerika Serikat (AS). Dia adalah Sequoiadendron giganteum, atau sequoia raksasa.

Pohon General Sherman yang merupakan pohon terbesar. Sumber: TreeHugger/CC BY 2.0 Mike Baird/Flickr

Satu dari tiga anggota subfamili Sequoioideae dari keluarga Cypress, sequoia raksasa dan ‘sepupunya’ Sequoia sempervirens, atau pohon redwood pesisir, memegang rekor sebagai pohon terbesar dan tertinggi di dunia.

Hyperion Tree. Sumber: Odditycentral.com

Berikut 12 fakta dan rahasia menarik tentang pohon ini sebagaimana dilansir dari treehugger.com.

  1. Pohon sequoia raksasa memerlukan iklim yang spesifik. Saking spesifiknya, ia hanya tumbuh secara alami di sebuah area sempit, sekitar 420 km di antara hutan konifer di sisi barat pegunungan Sierra Nevada, di ketinggian 1.500 – 2.000 mdpl (meter di atas permukaan laut)
  2. Pohon ini mampu mencapai umur 3.000 tahun
  3. Cabang-cabangnya bisa berukuran raksasa, hingga berdiameter 2,5 meter.
  4. Kulit pohonnya bisa setebal 90 cm
  5. Pohon-pohon sequoia pernah ditebang untuk industri kayu pada 1870-an. Namun, kayunya yang rapuh dan tidak bagus untuk perumahan dan industri membuat pohon-pohon ini sebagian besar terlindungi.
  6. Sequia terbesar dan tertinggi adalah seukuran gedung 36 lantai.
  7. Beberapa sequoia raksasa yang langka, tumbuh hingga lebih 91 meter. Umumnya, pohon ini berdiameter 6 meter.
  8. Pohon sequoia tertinggi di dunia adalah Hyperion Tree, yakni pohon redwoodpesisir yang tingginya 115 meter. Sementara pohon terbesar di dunia diukur dari volumenya adalah General Sherman.
  9. General Sherman tak hanya pohon terbesar di dunia yang masih hidup, namun juga organisme hidup terbesar di muka Bumi. Umurnya 2.100 tahun, berat 1.250 ton, tinggi 83 meter, dan keliling batang pohonnya mencapai 31 meter.
  10. Pohon sequoia raksasa adalah spesies pohon dengan rentang umur terpanjang di dunia. Pohon dengan umur terpanjang adalah pohon Alerce (Fitzroya cupressoides) yang bisa mencapai umur 5.000 tahun, dan pohon pinis Bristlecone.
  11. Pohon raksasa ini hanya bereproduksi lewat biji, yang kadang tidak tumbuh (dan tetap dalam cangkangnya) selama 20 tahun. Kebakaran hutan membantu membuka cangkang biji sequoia yang kemudian tumbuh di tanah sisa kebakaran itu.
  12. Uniknya, kesuksesan proses reproduksi pohon raksasa ini memerlukan sesuatu yang sangat luar biasa: setiap pohon hanya perlu memproduksi satu keturuan selama ribuan tahun hidupnya, agar spesies pohon ini tetap ada.

(bot.ak)

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker