Pertemuan Ketiga Review Indonesia-Pakistan PTA: Sepakat Bentuk Joint Negotiating Committee

abadikini.com, JAKARTA-  Indonesia dan Pakistan sepakat untuk membentuk Joint Negotiating Committee (JNC). Kesepakatan ini dicapai saat Pertemuan ke-3 Komite Bersama Review Indonesia Pakistan Preferential Trade Agreement (IP-PTA) yang berlangsung pada 10—11 Agustus 2017 di Jakarta.

Baca Juga

Pada pertemuan ini, Delegasi Indonesia dipimpin oleh Dirjen Perundingan Perdagangan Internasional Kemendag Iman Pambagyo, sementara Delegasi Pakistan dipimpin oleh Joint Secretary for Foreign Trade, Ministry of Commerce of Pakistan Taimur Tajammal.

“Pertemuan ke-3 Review IP-PTA berhasil menyelesaikan beberapa isu strategis dan kedua negara sepakat membawa PTA ke tingkat yang lebih tinggi. Salah satu hasil keputusan pertemuan adalah pembentukan Joint Negotiating Committee (JNC) yang nantinya akan membahas perluasan cakupan IP-PTA,” jelas Iman.

Pertemuan pertama JNC, lanjut Iman, akan dilakukan dengan membahas modalitas, batasan waktu (timeframe), dan penjajakan indikasi permintaan/penawaran kedua negara.

“Kedua negara memiliki komitmen kuat untuk memperluas dan memperdalam akses pasar di kedua negara yang tetap berdasarkan pada prinsip saling menguntungkan. Indonesia menghargai semangat kerja sama yang muncul dalam pertemuan review ini. Diharapkan keputusan untuk memperluas PTA ini dapat mengoptimalkan potensi ekspor masing-masing negara,” ungkap Iman.

Pada pertemuan review ini juga dibahas isu-isu strategis yang diangkat pada pertemuan sebelumnya yang berlangsung Februari 2017 lalu di Islamabad, Pakistan.

“Isu-isu strategis tersebut antara lain akses pasar produk kelapa sawit, hortikultura, importasi daging sapi, dan isu pengamanan perdagangan (trade remedy) kertas Indonesia,” imbuh Iman.

Menurut Iman, review ke-3 ini penting untuk menentukan apakah kedua negara akan melakukan ekspansi pendalaman perjanjian dengan menambahkan pertukaran beberapa tambahan pos tarif.

“Syarat untuk melakukan perluasan adalah menyelesaikan isu dagang dan menegaskan kembali komitmen kerja sama ekonomi yang berkesinambungan dan saling menguntungkan,”

tegas Iman. Pertemuan ke-3 Komite Bersama Review IP-PTA ini menjadi pertemuan review terakhir sebelum kedua negara melangkah ke perundingan perluasan cakupan IP-PTA. Pertemuan Komite Bersama berikutnya akan dilaksanakan bersamaan dengan pertemuan pertama JNC pada Februari 2018 di Islamabad, Pakistan. (gh/ak)

Baca Juga

Back to top button