Walikota Ali Ibrahim, Sampaikan 2 Ranperda Dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Tidore

abadikini.com, TIDORE – Walikota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim, Senin (24/7/2017) menyampaikan dua buah Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pengakuan dan perlindungan  adat Istiadat, serta Budaya Masyarakat Adat Kesultanan dan Ranperda tentang Hak Keuangan dan Administratif  Pimpinan dan anggota  DPRD Kota Tidore.

Penyampaian yang diagendakan dalam rapat paripurna ke-9 masa persidangan II tahun 2017 ini dipimpin oleh ketua DPRD, Anas Ali dan dihadiri 23 anggota dari total 25 anggota DPRD, Forkompinda, serta para Pimpinan SKPD.

Walikota dalam Pidato pendapatnya menyampaikan Eksitensi Kesultanan tidore hingga kini masih terjaga dan terpelihara oleh komunitas masyarakat adat Kesultanan Tidore, meskipun hanya sebatas kekuasaan informal, namun mengecilkan hasrat masyarakat adat dan institusi kesultanan untuk memegang teguh adat istiadat yang terlestarikan, terjaga dan terpelihara sejak dulu sebagai bagian integral dari kepribadian masyarakat Tidore.

Dengan diundangkannya Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2017 tentang hak keuangan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD, tentunya akan lebih meningkatkan peran dan tanggung jawab lembaga Perwakilan Rakyat Daerah dalam rangka mengembangkan kehidupan demokrasi, menjamin keterwakilan rakyat dan Daerah dalam melaksanakan fungsi tigas, dan wewenang lembaga, serta kualitas, produktivitas dan kinerja DPRD dalam mengembankan amanat rakyat.

Ali Ibrahim menambahkan, kedua Ranperda yang diajukan sebagai implementasi dari fungsi legislasi Dewan yang diwujudkan dalam pengusulan Ranperda Insiatif DPRD, ini merupakan bukti bukti bahwa DPRD telah melakukan terobosan dan langkah maju yang konstruktif dalam menambah perbendaharaan Produk hukum Daerah serta sebagai salah satu konkretisasi pengakuan, pemernuhan dan perlindungan hak konstutisional Masyarakat Adat Kesultanan Tidore yang terformulasi dalam sebuah Peraturan daerah.

Sementara ketua DPRD Anas Ali dalam pidatonya mengatakan pemikiran Walikota sangatlah sejalan dengan apa yang menjadi pemikiran serta keinginan masyarakat yang disuarakan oleh Wakilnya di DPRD. Untuk itu, beliau berharap agar dua Ranperda tersebut secepatnya dibahas untuk mendapat pengesahan. (g.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker