Wow Keren, Pembalap dari 11 Negara Adu Nyali di Tour de Flores 2017

abadikini.com, LARANTUKA – Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Frans Lebu Raya secara resmi membuka ajang balap sepeda internasional Tour de Flores (TdF) 2017 di Taman Kota Larantuka, Flores Timur (Flotim), NTT, Kamis (13/7/2017) malam. Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong lima kali oleh Gubernur NTT.

Baca Juga

“Saya buka Tour de Flores dengan resmi,” kata Frans sesaat sebelum memukul gong tanda dibukanya TdF 2017.

Frans Lebu Raya mengaskan Tour de Flores merupakan salah satu upaya agar NTT dikenal secara internasional.

“Kami terus menggagas berbagai event internasional, termasuk membenahi infrastruktur pendukung. Tahun lalu kami pun menggelar Tour de Flores dan sukses,” kata Frans Lebu Raya.

Baca juga: Pembukaan Tour de Flores 2017 akan Berlangsung Malam ini

Diketahui, TdF adalah sport tourism, event olahraga internasional dimaksudkan untuk mempromosikan potensi wisata Flores, dengan ajang balap sepeda TdF, diharapkan wisata di Flores dan NTT akan lebih populer.

Sebanyak 11 negara mengerahkan timnya untuk bersaing dalam lomba balap sepeda Tour de Flores (TdF) 2017, yang akan dimulai, Jumat 14 Juli 2017, di Larantuka, Nusa Tenggara Timur.

Pembalap dari 11 negara yang akan tampil terbagi dalam tim masing-masing. Tuan rumah Indonesia sendiri dalam gelaran kedua lomba TdF 2017 akan menurunkan empat tim.

Tim negara lainnya di antaranya CCN Cyling Team (Laos), Sapura Cycling Team (Filipina), PGN Road Cycling Team (Indonesia), Terengganu Cycling Team (Malaysia), Futuro Cyling Team (Australia), Kinan Cycling Team (Jepang), Geumsan Insam Cello (Korea Selatan) hingga Pishgaman Cycling Team (Iran).

Selain itu juga ada tim dari Tiongkok, Hongkong, dan Thailand. Total peserta yang ikut sekitar 150 pembalap.

Baca juga: Tour de Flores 2017 Akan Diramaikan dengan Gerakan Sejuta Cangkir Kopi Flores

Peserta TdF 2017 nantinya akan menempuh jarak sekitar 808 kilometer, melintasi timur Pulau Flores di Kota Larantuka dan finis di Labuhan Bajo di barat. Rute terbagi dalam enam etape, dan peserta langsung dihadapkan dengan rute tanjakan antara Larantuka ke Maumere.

Etape pertama, Larantuka-Maumere dengan jarak tempuh (136,3 km) ditambah rute seremonial 10,8 km, etape kedua Maumere-Ende (142,8 km) rute seremonial 7,7 km, etape ketiga Ende-Mbay (83 km) dengan rute seremonial 9,2 km,

Selanjutnya, etape keempat Mbay-Borong (170,9 km) rute seremonial 6 km, etape kelima Borong-Ruteng (55,5 km) rute seremonial 9,4 km, dan etape keenam Ruteng-Labuan Bajo (120,2 km) rute seremonial 8,7 km. Start dimulai pukul 08.00 WITA, Jumat (14/7/2017). Lokasi start berada di Kapel St Antonius, Larantuka. (siti.ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button