Peringati 1 Tahun Kudeta Turki Yang Gagal, Menteri Turki Dilarang Masuk ke Austria

abadikini.com, AUSTRIA- Otoritas Pemerintah Austria melarang masuk Menteri Ekonomi Turki, Nihat Zeybekci, yang  hendak menghadiri acara peringatan satu tahun kudeta di Turki yang gagal. Alasan larangan itu, sebagaimana disampaikan oleh juru bicara Kementerian Luar negeri Austria, kehadiran menteri ekonomi Turki dalam acara tersebut akan membahayakan “ketertiban dan keamanan umum”. 

“Saya dapat mengukuhkan bahwa Menteri Luar Negeri Sebastian Kurz sebenarnya telah melarang masuk menteri ekonomi Turki,” kata Thomas Schnoll dalam wawanfara dengan radio ORF seperti dikutip bbc.com pada Selasa (11/7)

Namun demikian, Thomas menambahkan bahwa Zeybekci boleh masuk ke Austria hanya dalam kunjungan bilateral. Sejauh ini pemerintah Turki belum memberikan komentar tentang keputusan Austria.

Sebelumnya, Hubungan kedua negara selama ini sudah tegang karena Austria mengecam tindakan Turki dalam menangani upaya perebutan yang gagal pada 15 Juli 2016. Lebih dari 50.000 telah ditangkap dan 140.000 diberhentikan atau diskors selama diberlakukan keadaan darurat sejak peristiwa itu.

Austria mendukung pembekuan perundingan Turki untuk masuk menjadi anggota Uni Eropa dan menjadi salah satu negara yang menyampaikan protes atas tindakan keras yang ditempuh pemerintah Turki menyusul upaya kudeta.

Selain itu, Austria juga melarang Presiden Recep Tayyip Erdogan berkampanye untuk referendum di hadapan komunitas Turki yang tinggal di Austria dengan alasan hal itu dapat memperparah perpecahan antara kubu pendukung Erdogan dan rakyat Turki dari etnik Kurdi. (gh/ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker