Kalimantan Jadi Prioritas Jika Ibukota Dipindah

abadikini.com, JAKARTA – Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menyebut, ibu kota negara memang harus segera dipindahkan keluar Pulau Jawa mengingat ketersediaan lahan yang lebih memadai.

Kendati demikian, Bambang belum menyebutkan secara spesifik lokasi tujuan pemindahan ibu kota negara tersebut.

“Yang pasti di luar Pulau Jawa, kemungkinan besar di Pulau Kalimantan. Tapi spesifiknya di mana, itu yang akan difinalkan,” ujarnya saat ditemui di acara Halalbihalal Bappenas di Jakarta, Senin (3/7/2017).

Sebelumnya Bambang sempat mengatakan, ada beberapa kota kandidat yang berpotensi menjadi ibu kota baru. Saat itu, dia mengakui salah satu kandidat ibu kota baru adalah Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Terkait munculnya nama Palangka Raya, sebagai kandidat ibu kota baru, karena hal tersebut juga pernah digagas oleh presiden pertama Indonesia, Soekarno.

Soekarno pernah mewacanakan agar ibu kota dapat berpindah ke Palangka Raya, tepatnya pada 1950-an. Proklamator kemerdekaan tersebut bahkan pernah mengunjungi kota yang terletak di tengah Indonesia itu, untuk meninjau perkembangan kota yang dilintasi Sungai Kapuas tersebut. (ptr.ak)

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close