Tahun Depan Menhub Wajibkan Angkot di Jabotabek Dilengkapi AC

abadikini.com, JAKARTA. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengingatkan kembali kepada pemerintah daerah Jakarta dan sekitarnya agar angkutan kota harus dilengkapi AC pada 2018.

Pesan ini disampaikan Budi saat menghadiri acara pemasangan AC gratis bagi puluhan angkot di Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi oleh Go-Car dan Uber di Silang Barat Monas, Sabtu (1/7/2017) sore.

“Kami apresiasi Go-Car dan Uber yang mendukung mensukseskan program Kemenhub. Pemasangan AC di sejumlah angkot ini adalah bagian dari langkah strategis untuk mengajak pengelola angkutan umum meningkatkan kenyamanan dan safety,” kata Budi saat memberi kata sambutan.

Budi menjelaskan, program pemasangan AC di dalam angkot sudah diwacanakan sejak 2015 dan tertuang dalam Permenhub Nomor 29 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum dalam Trayek.

Budi menargetkan, Februari 2018, seluruh angkot di Jakarta dan sekitarnya sudah dilengkapi AC.

“Acara ini sekaligus memotivasi pengusaha angkutan umum untuk segera melaksanakan arahan tersebut sehingga masyarakat mau beralih dari kendaraan pribadi ke angkutan umum,” tutur Budi.

Dia menyerahkan sepenuhnya langkah teknis realisasi Permenhub Nomor 29 Tahun 2015 itu kepada pemda masing-masing. Termasuk perihal tarif yang akan diatur lebih lanjut oleh pemda bersama dengan Organda setempat. (beng.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker