Pawai Obor dan Gema Takbir Sambut Idul Fitri Berlangsung Semarak di Baranusa Alor NTT

abadikini.com, JAKARTA – Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 H jatuh pada tanggal 25 Juni 2017. Seketika suara takbir menggema dari berbagai penjuru Kampung di Baranusa Kecamatan Pantar Barat Laut, Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (24/6/2017) malam.

Di kampung Baranusa, anak-anak diajak takbir keliling dengan jalan kaki sambil membawa obor dengan tertib. Mereka mengumandangkan takbir selama dalam perjalanan.

Pawai obor dan takbir keliling di kampung Baranusa tersebut ditandai dengan dinyalakan Empat obor induk oleh Kapolsek Pantar Barat Laut, Babinsa, Ketua MUI dan Kepala Desa Baranusa serta pelepasan oleh Kapolsek di halaman Mesjid Raya Baranusa lalu berjalan menuju Desa Baraler, Belangmerang dan sampai di Lakeel dan berakhir di Lapangan Bola Mutiara.

Safii Lawang Ketua Koordinator pawai obor mengatakan, apa yang mereka lakukan itu semata untuk menyemarakkan malam takbiran sekaligus mengajarkan pada anak-anak bahwa Lebaran merupakan hari bahagia bagi semua orang.

“Kami ingin mengajak semua orang untuk merayakan Idul Fitri dengan gembira tanpa terkecuali. Kami juga ingin mengajarkan pada anak-anak bahwa Lebaran harus dirayakan dengan kegembiraan,” katanya saat dihubungi abadikini.com, Sabtu (24/6/2017) malam.

Pawai Obor dan Takbir Keliling Kampung Berlangsung Semarak di Baranusa Alor NTT, Sabtu (24/6/2017) malam (dok foto Fb Ibrahim Dora)

ketua Ikatan Pemuda Peduli Lewotana ( IPPL) itu mengatakan pawai obor yang dilakukan itu tentunya sebagai wujud syukur setelah sebulan penuh berpuasa.

“Pawai obor menyemarakkan malam takbiran sudah lama hilang terutama di kota-kota besar. Tentunya kita orang Baranusa yang berda di pulau terluar jauh dari pusat kota ingin menunjukkan kepada masyarakat luas bahwa kami tidak lupa akan budaya dan rasa cinta kami kepada Islam dan negara kesatuan republik Indonesia,” pungkasnya. (ibr.ak)

Baca Juga

Back to top button