Dinas Pendidikan Kota Tidore Kepulauan Gelar Sosialisasi Program Pendidikan Keluarga

abadikini.com, TIDORE – Membangun karakter bangsa adalah tugas dan inti pokok tujuan pendidikan nasional. Oleh karena itu, pendidikan mempunyai tugas penting, pertama adalah untuk menciptakan pribadi-pribadi yang berkarakter kuat baik secara moral maupun cultural.

Hal ini disampaikan oleh Asisten Setda Bidang Ekonomi dan Kesra, Muhammad Yasin pada kegiatan Sosialisasi Program Pendidikan Keluarga di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota, Jumat (16/6/2017).

Menurut  Muhammad Yasin, seseorang memiliki pribadi yang kuat otomatis mempunyai integritas tinggi baik secara moral dan cultural.

“Untuk menciptakan pribadi-pribadi yang berkarakter kuat baik secara moral maupun cultural yaitu, Baik secara moral dalam arti mempunyai integritas yang kuat. Sedangkan baik secara cultural dalam arti mempunyai landasan budaya pribadi dan sosial untuk mencapai kemajuan namun masih berpijak pada karakter masyarakat dan bangsa,”ujarnya.

Muhammad Yasin juga menjelaskan, keberhasilan pendidikan dipengaruhi dua faktor, faktor dalam diri sendiri dan faktor lingkungan, tapi menurut Yasin pendidikan dalam keluarga itu lebih utama dalam mempengaruhi kedua faktor itu.

“Keberhasilan pendidikan dipengaruhi dua faktor yaitu faktor dalam dan faktor luar. Faktor dalam diri meliputi kesehatan, intelegensi, minat dan motivasi, serta cara belajar, dan faktor luar yang mempengaruhi yaitu lingkungan terdekat, yakni keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat. Pendidikan dalam keluarga merupakan pendidikan yang pertama bahkan yang utama yang  diperoleh anak sebelum memasuki dunia sekolah,” jelasnya.

“Peran orang tua sebagai orang pertama yang meletakkan dasar-dasar pendidikan terhadap anaknya seharusnya disadari oleh para orang tua sehingga kelak anak memasuki dunia sekolah telah memiliki dasar yang kuat, memiliki karakter dan prestasi yang baik,”sambungnya.

Muhammad Yasin berharap, dengan kegiatan sosialisasi Pendidikan Keluarga ini dapat menumbuhkan komitmen untuk lebih meningkatkan sinergitas dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi Tenaga Pendidik, baik kualitas maupun kuantitasnya, sebagai kesadaran dan pemahaman kita atas nilai-nilai pendidikan.

Suasana pelaksanaan Sosialisasi Program Pendidikan Keluarga. di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota Tidore Kepulauan, Jumat (16/6/2017)

Sementara Kepala Dinas Pendidikan, Ismail Dukomalamo dalam laporannya mengatakan, tujuan pelaksanaan sosialisasi ini adalah agar dapat meningkatkan pengetahuan dan pemehaman para pelaku pendidikan, yaitu kepala satuan pendidikan, pengawas dan penilik tentang pelaksanaan pendidikan keluarga di satuan pendidikan untuk menumbuh kembangkan karakter dan budaya prestasi peserta didik.

Kegiatan yang diikuti sebanyak 150 orang peserta yang terdiri dari kepala satuan pendidikan PAUD 53 orang, SD 64 orang, SMP 27 orang, Pengawas dan penilik 4 orang, satuan pendidikan non formal 5 orang. Adapun kegiatan sosialisasi ini menghadirkan narasumber yang merupakan Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Dr. Sukiman, M.Pd.

Turut hadir Ketua TP PKK Kota Tidore Kepulauan, Sulamah Ali Ibrahim, serta sejumlah pimpinan SKPD. (g.ak)

Baca Juga

Back to top button