UI, ITB dan UGM Masuk 500 Besar Universitas Terbaik Dunia

abadikini.com, JAKARTA — Kualitas pendidikan dan pengajaran universitas di Indonesia makin diakui oleh dunia. Hal ini dibuktikan dengan kenaikan peringkat dunia beberapa universitas terbaik di Indonesia.

Peringkat Universitas Indonesia di dunia melesat ke posisi 277 dari posisi 325. Pemeringkatan ini dilakukan oleh Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking 2017/2018 terhadap 959 universitas di 84 negara di dunia. QS University Ranking ini merupakan acuan resmi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI untuk mengukur kualitas kelembagaan perguruan tinggi Indonesia ke tingkat dunia.

Dengan peningkatan peringkat ini, UI berhasil mempertahankan posisi sebagai universitas terbaik di Indonesia selama enam tahun berturut-turut versi QS University Ranking.

“Kami bangga UI berhasil masuk dalam 300 besar perguruan tinggi terbaik dalam peta pendidikan dunia internasional. Salah satu upaya yang UI lakukan adalah dengan pemenuhan indikator yang digunakan lembaga tersebut (QS University Ranking),” kata Muhammad Anis, Rektor UI, Kamis (8/6/2017).

Dalam kesempatan terpisah, Mentei Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi M. Nasir mengungkapkan apresiasinya terhadap universitas lain di Indonesia yang berhasil masuk peringkat dunia.

“Ada tiga perguruan tinggi yang masuk 500 besar dunia. Tahun ini ada pergerakan peringkat perguruan tinggi Indonesia di dnia, UI di peringkat 277 naik 48 peringkat dari tahun sebelumnya di 325. ITB di peringkat 331 dan UGM naik 99 peringkat menjadi peringkat 402,” kata Menristekdikti.
Dia mengungkapkan bahwa ini adalah bukti bahwa kualitas perguruan tinggi di Indonesia makin baik setiap tahunnya. Peningkatan kualitas ini memang ‘wajib’ dilakukan masing-masing perguruan tinggi di Indonesia yang berjumlah 4498 PT dengan 25.548 program studi.

Banyaknya jumlah perguruan tinggi di Indonesia ini diharapkan Nasir bisa diikuti oleh kualitas pendidikannya yang semakin baik. (sr/ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker