Umat Muslim AS Gelar Aksi Protes Dengan Cara Buka Puasa Bersama Dan Shalat di Trump Tower

abadikini.com, New York, Ratusan umat Muslim gelar buka pusa ramadhan bersama dan shalat magrib berjamaah di luar Trump Tower, New York, Amerika Serikat kamis (1/6/2017) malam. Aksi diselenggarakan oleh kelompok pembela imigran guna menentang retorika Islamofobia Presiden AS Donald Trump seperti larangan perayaan Ramadan di AS.

Seperti diberitakan AFP, sejumlah pendukung non-Muslim juga hadir dalam acara itu. Para peserta demo duduk di tepi jalan setelah shalat, dan berbagi makanan yang terdiri dari nasi, ayam, dan pizza.

Umat muslim melaksanakan salat berjemaah usai berbuka puasa bersama di dekat Trump Tower, New York, Kamis (1/6/2017). Ratusan muslim demo memprotes retorika dan kebijakan Donald Trump yang xenophobia, seperti larangan perayaan Ramadan di AS. (Jewel SAMAD/AFP)

Polisi yang berada di lokasi memantau aksi kelompok tersebut dengan ketat. Pendekatan yang sama dilakukan aparat kepolisian terhadap setiap kelompok orang yang melakukan unjuk rasa di kediaman pribadi Trump itu.

Seperti dikatehaui Trum Tower di Manhattan itu juga adalah rumah bagi Trump Organization, jantung kerajaan bisnis Donald Trump. Ibu Negara Melania Trump yang kini tinggal di sana bersama putra bungsu Trump, Baron.

Seorang wanita Muslim AS Fatoumat Waggeh(26) yang berasal dari Gambia, mengaku ikut dalam aksi ini untuk mencela retorika negatif Trump terhadap umat Islam. Waggeh pun mengaku ingin menunjukkan solidaritas kepada warga Muslim AS lainnya.

Maggie Glass, seorang warga New York berusia 31 tahun yang aktif dengan sebuah asosiasi pengungsi Yahudi, mengatakan, dia hadir untuk mendukung tetangga dan teman Muslim.

“Saya hanya berpikir bahwa ini adalah kesempatan bagi kita untuk berkumpul sebagai sebuah komunitas, untuk menunjukkan bahwa kita bersatu,” cetus Glass.

Penyelenggara acara, Linda Sarsour, mengaku puas dengan jumlah peserta aksi tersebut.

Dia pun mengaku tidak terganggu, bahwa tidak seperti Presiden AS sebelumnya, Trump tidak mengundang orang-orang Muslim ke Gedung Putih untuk melakukan iftar.

Iftar adalah salah satu ibadah di bulan Ramadhan dan sering dilakukan oleh sebuah komunitas, di mana orang-orang berkumpul untuk berbuka puasa bersama-sama.

Iftar dilakukan tepat setelah waktu Magrib. Secara tradisional, kurma adalah hal pertama yang harus dikonsumsi ketika berbuka. (sop.ak)

Back to top button