Bupati Konawe Utara Ruksamin Dorong Petani Manfaatkan Lahan Kosong Untuk Budidaya

abadikini.com, KONUT – Bupati Konawe Utara, Ruksamin, mendorong petani atau warga setempat memanfaatkan lahan kosong, baik di pekarangan rumah maupun persawahan untuk di manfaatkan budi daya pertanian.

“Kami masih menemukan banyak warga atau petani yang membiarkan sawah dan lahan pekarangan rumah kosong dan menganggur begitu saja tanpa diolah dan ditanami,” kata Ruksamin, Kamis (11/5/2017).

Kesadaran masyarakat selama ini dalam memanfaatkan lahan tidur belum tinggi. Bahkan, banyak lahan dibiarkan menganggur. “Kami dorong untuk memanfaatkan dengan berbagai tanaman seperti jagung, cabai, dan lain sebagainya,” katanya.

Ruksamin menegaskan, pemerintah menginginkan semua warga bergairah berusaha di bidang pertanian untuk menunjang perekonomian serta mewujudkan ketahanan pangan di daerah yang berbatasan dengan Sulawesi Tengah itu. “Pemerintah siap memberikan bantuan dan stimulan kepada warga yang mengembangkan pertanian pada lahan kosong atau lahan tidur,” ujarnya.

Terkait hasil panen, pemerintah sudah menyediakan jaminan melalui lembaga terkait. Bulog siap membeli hasil produksi padi dan jagung petani. (admin.ak)

Baca Juga

Back to top button