Tahapan Pilkada Serentak 2018 di Mulai Bulan September Tahun ini

abadikini.com, JAKARTA, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengatakan, pihaknya mentargetkan tahapan Pilkada Serentak 2018 di 17 provinsi, 115 kabupaten dan 39 kota yang akan selenggarakan Pilkada tahun dimulai pada September 2017. Dia juga berharap pengusulan anggaran Pilkada Serentak 2018 dapat diselesaikan pada Juli mendatang.

“Target  kami tahapan sudah bisa dimulai pada September tahun ini. Meskipun sebetulnya pembiayaan yang cukup besar baru keluar sekitar Oktober, tetapi kami ingin pada Agustus nanti pembahasan tentang anggaran sudah selesai,” ujar Arief Budiman, Selasa (25/4).

Ia menjelaskan persiapan tahapan Pilkada sudah mulai dilakukan pada Mei dan Juni. Persiapan tersebut juga terkait konsultasi usulan anggaran penyelenggaraan Pilkada. Arief menuturkan, finalisasi pengusulan anggaran Pilkada Serentak 2018 diharapkan selesai pada Juli.

“Dengan begitu pada Agustus atau satu bulan sebelum tahapan Pilkada dimulai naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) sudah dapat ditandatangani,” kata Arief.

Target waktu tersebut diharapkan mampu memberikan tenggat untuk melakukan pembahasan dan evaluasi terhadap usulan anggaran. Sebelumnya, Arief menuturkan jika usulan anggaran pelaksanaan Pilkada Serentak dari 171 daerah mencapai Rp 11,3 triliun. Anggaran tersebut kini sedang dalam tahapan pembahasan dengan pemerintah daerah.

“Anggaran Pilkada Serentak 2018 sebesar Rp 11,3 triliun itu baru usulan. Nanti, persetujuan besarannya sangat mungkin di bawah itu,” pungkasnya. (nov.ak)

Baca Juga

Back to top button