MA Lantik Moermahadi Soerja dan Bahrullah Akbar Sebagai Ketua dan Wakil Ketua BPK RI

abadikini.com, JAKARTA – Mahkamah Agung (MA) melantik Moermahadi Soerja Djanegara sebagai Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Bahrullah Akbar sebagai Wakil Ketua BPK.

Pengambilan supah keduanya berlangsung di Gedung MA, Jl Merdeka Utara Jakarta, Rabu (26/4/2017).

Sebelumnya mereka telah terpilih secara aklamasi pada sidang anggota BPK 21 April 2017 yang lalu.

Moermahadi berjanji akan menjalankan tugas yang diembannya dengan baik. Sebagai pimpinan BPK dia berjanji akan melakukan pemeriksaan keuangan negara dengan baik.

“Sesuai dengan Undang-Undang BPK kita memang akan melakukan pemeriksaan keuangan negara. Kita harus periksa dengan independensif, integritas dan profesionalisme,” ujarnya kepada awak media saat usai mengucap sumpah jabatan di Mahkamah Agung, Jakarta, Rabu (26/4/2017).

Ketua BPK terpilih Moerhamadi sebelumnya tercatat sebagai Anggota V BPK yang melaksanakan tugas pemeriksaan di Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Agama, Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan dan Pelabuhan Bebas Sabang, Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan dan Pelabuhan Bebas Batam, Badan Pengembangan Wilayah Surabaya-Madura, dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan.

Selain itu, Moerhamadi juga menjalankan pemeriksaan untuk pemerintah provinsi, kabupaten, kota, dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di wilayah I. Sebelum masuk ke BPK, dirinya menjabat sebagai auditor di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Sedangkan Wakil Ketua BPK terpilih Bahrullah Akbar menjabat sebagai Anggota VI BPK yang melaksanakan tugas pemeriksaan di Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, dan Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Bahrullah juga melaksanakan pemeriksaan untuk pemerintah provinsi, kabupaten, kota, dan BUMD di wilayah II. Sebelum masuk BPK, ia adalah Guru Besar Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dan pernah berkarier di BPK sebagai auditor.

Berikut struktur Pimpinan BPK yang baru:

Ketua: Moermahadi Soerja Djanegara

Wakil Ketua: Bahrullah Akbar

Anggota I: Agung Firman Sampurna

Anggota II: Agus Joko Pramono

Anggota III: Achsanul Qosasi

Anggota IV: Rizal Djalil

Anggota V: Isma Yatun

Anggota VI: Harry Azhar Azis

Anggota VII: Edy Mulyadi

(fma.ak)

Back to top button