Soal Berita Hoax, PDIP Minta Pemerintah Jangan Panik dan Jangan Musuhi Netizen

abadikini.com – JAKARTA – Anggota Komisi I DPR, Effendi Simbolon, mengingatkan pemerintah tidak panik dalam menyelesaikan persoalan berita-berita atau informasi yang tidak benar alias hoax. Dia menyarankan pemerintah tetap tenang dan tak terlalu memusingkan hal itu.

“Kan dulu juga pemerintah menggunakan netizen untuk memenangkan pemilu, kenapa sekarang memusuhi? Ada apa?,” kata Effendi saat diskusi bertajuk “Media Sosial, Hoax dan Kita’” di Warung Daun Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (7/1/2017).

Bahkan, kata Politisi PDI Perjuangan itu, seolah-olah pemerintah sekarang ini memusuhi para netizen yang dianggap mengkritik pemerintah lewat media sosial, dia, Effendi juga untuk menyoroti rapat terbatas yang digelar Presiden Joko Widodo membahas masalah hoax.

“Kenapa memusuhi netizen, bahkan rapat terbatas untuk membatasi netizen. Santai aja bos, sekarang bukan zaman orba. Hoax apaan sih? kayanya negara sudah genting banget, padahal biasa aja. Kita masih bisa minum teh,” ujarnya.

Lebih jauh, Effendi Simbolon mengungkapkan, banyaknya orang memberikan saran dan kritik di media sosial akibat di dunia nyata tidak ada tempat lagi untuk menyampaikan pendapat.

Untuk itu, ia menilai pemerintah sebagai regulator harus bisa mengatur dengan bijak pengguna internet dan media sosial, ketimbang melakukan pemblokiran situs.

“Kalau mengatur, maka bagaimana caranya mengatur orang bicara di dunia maya, karena di dunia nyata saja pemerintah mengatur kurang tepat. Karena saat ini mental penjilat banyak di pemerintahan. Makanya sekarang lidahnya bersih-bersih,” jelasnya. (as.ak)

Baca Juga

Back to top button