Bupati Yuslih Buka Pentas Seni Bertajuk Lestari Budaya Negeri Sejuta Pelangi

abadikini.com – BELITUNG TIMUR – Bupati Belitung Timur Yuslih Ihza membuka acara pentas seni budaya bertajuk “Lestari Budaya Negeri Sejuta Pelangi” di auditorium Zahari MZ, komplek perkantoran Pemkab Belitung Timur (Beltim), Kamis (15/12/2016) pagi. Salah satu yang di tampilkan dalam pertunjukan itu  kisah Dul Mulok (Raja Berekor), semua dilakoni oleh siswa SMA N 1 Gantung.

Baca Juga

Bupati Yuslih Ihza, menyampaikan apresiasinya atas pagelaran pertunjukan seni tradisional. Dia menilai Dul Mulok perlu dilestariakn kepada generasi muda khusunya di kalangan pelajar agar kisah Dul Mulok tidak tergerus oleh zaman.

“saya ucapkan terima kasih kepada pihak penyelenggara atas terealisasikannya kegiatan ini, mari melestarikan dan mengenal seni budaya daeraha sendiri,” kata Yuslih saat membuka acara tersebut, Kams (15/12/2016).

Terpisah Kepala Sekolah SMA N 1 Gantung, Sabarudin mengatakan, alasanya kenapa anak didikannya mengangkat kisah Dul Mulok, menurut dia kesenian itu sudah jarang ditampilkan kepada khalayak ramai.

“Mengapa kami harus mengangkat Dul Mulok, menurut kami kesenian itu sudah jarang ditampilkan kepada khalayak ramai. Kalaupun ditampilkan masih didominasi oleh para orang tua. Pelajar perlu dipandang sebagai pewaris, proses regenerasi, dan diberikan tempat untuk berekspresi dan berkreatifitas,” ujar Kepala SMA N 1 Gantung Sabarudin kepada Pos Belitung, Kamis (15/12/2016)

Dia, Sabarudin berharap kegiatan serupa itu dapat memberikan tempat bagi siswa untuk berekspresi dan melestarikan warisan nilai budaya Belitong.

“Mereka bisa menjadi garda terdepan dalam pelestarian budaya. Sangar-sanggar seni di sekolah perlu dijalankan dan melibatkan para pelaku seni dan budayawan Belitong sebagai mentornya. Ini penting agar wisata pantai dan kuliner Belitong memiliki variasi warna. Wisatawan punya banyak pilihan dan betah mengeksplores Negeri Laskar Pelangi,” ujarnya.

Selain pentas Dul Mulok, SMA N 1 Gantung juga menampilkan Rudat Gamat Percussion dan Music Performance Etnic pada Traditional Art Festival. Semua pentas pada acara bertajuk “Lestari Budaya Negeri Sejuta Pelangi” itu dilakoni oleh siswa SMA N 1 Gantung.

Selain pentas Dul Mulok, SMA N 1 Gantung juga menampilkan Rudat Gamat Percussion dan Music Performance Etnic pada Traditional Art Festival. Semua pentas pada acara bertajuk “Lestari Budaya Negeri Sejuta Pelangi” itu dilakoni oleh siswa SMA N 1 Gantung.

Diketahui pentas seni tradisional ini dihadiri sekitar seribu orang terdiri dari pejabat unsur Muspida, sejumlah siswa TK, SMP, SMA, para guru, dan kepala sekolah se-Beltim. (sl.ak.pb).

Baca Juga

Back to top button