Inilah Waktu Mandi Yang Menyehatkan

abadikini.com – KESEHATAN – Tahukah anda bahwa mandi adalah hal yang biasa dan sering kita lakukan dalam aktifitas sehari-hari, tapi beberapa hal yang harus kita ketahui bahwa tak semua waktu dalam sehari semalam merupakan waktu yang kesemuanya baik untuk mandi. Ada waktu-waktu yang menyehatkan dan bahkan dianjurkan untuk mandi dan ada waktu-waktu yang sebaiknya dilarang.

Baca Juga

Mandi adalah mencuci tubuh dengan air dengan cara menyiramkan air ke badan atau merendam badan di dalam sungai, danau, telaga, laut, kolam, atau bak mandi.

Manusia perlu mandi untuk menghilangkan bau, debu, dan sel-sel kulit yang sudah mati. Mandi bermanfaat untuk memelihara kesehatan, menjaga kebersihan, serta mempertahankan penampilan agar tetap rapi. Setelah mandi, manusia biasanya merasa segar, bersih, dan santai.

Berikut ini kami gambarkan waktu-waktu yang biasa digunakan untuk mandi beserta manfaat maupun sisi buruknya :

1. Mandi Fajar  / Sebelum Subuh ( 02.00 WIB ~ Menjelang Subuh )

Manfaat Mandi Di Sepertiga Akhir Malam.

mandi di sepertiga akhir malam sebelum memulai rangkaian qiyamullail. Jika ditinjau dari kesehatan dan penelitian kesehatan ternyata memiliki manfaat yang sangat besar.

Mandi pagi dengan air dingin tentunya hal biasa dilakukan setiap orang, tapi tahukah anda bahwa mandi pada saat sebelum waktu subuh tiba akan membuat badan kita lebih sehat dan awet muda?.

Konon, dulu para Nabi dan Rasul biasa menghidupkan waktu fajar dengan segala aktivitas ritual. Fajar maksudnya jauh waktu sebelum matahari terbit. Lalu kebiasaan itu diikuti oleh para tabiin dan para salafus shalih. Mereka meraih kesehatan dengan banyak mendekatkan diri pada Illahi dan termasuk pula kebiasaan mandi dikala fajar. Dan kebiasaan itu akhirnya menjadi turun temurun pada semua pengikutnya. Tak heran bila orang tua jaman dahulu fisiknya lebih kuat dibandingkan dengan orang tua jaman sekarang.

Menurut penelitian, makin pagi air yang kita gunakan maka kandungan O3 yang terkandung didalamnya adalah lebih besar, dan O3 ini mengandung khasiat yang menakjubkan bagi tubuh bila digunakan untuk keperluan mandi pagi yaitu pada saat fajar. Ada pula yang mengatakan, bahwa air dingin pada waktu sebelum subuh atau waktu sepertiga malam memiliki partikel alfa yang sangat besar. Partikel Alfa ini memiliki energi yang kuat sekali. Mungkin hal ini pula yang menjadikan tubuh lebih bugar ketimbang mandi pagi pada umumnya.

Sebuah pengalaman dan saran pernah pula disampaikan seorang teman, dia seorang ahli pengobatan herbal, dia bercerita bagaimana cara dia mengobati anaknya yang sedang demam. Katanya dia tak pernah memberikan obat-obatan, cukup memandikannya pada waktu sebelum subuh tiba sekitar jam 4.00. Cara dia memandikan anaknya yang sedang demam adalah air disiramkan dimulai dari ujung kaki terlebih dahulu pelan-pelan hingga ujung rambut, dan jangan lupa sambil berdo’a katanya. Karena air hanyalah perantara, selebihnya peran Yang Maha Kuasalah yang memberikan kesembuhan. Meskipun cara itu agak sedikit melawan arus, karena kebanyakan orang melarang mandi bila dalam keadaan demam, tapi gak ada salahnya kalau kita coba.

Menurut Dr.Abdul Hamid Dayyat dari Universitas Kairo, Mesir, bahwa gas O3 diudara sangat melimpah di waktu fajar, kemudian akan berkurang sedikit demi sedikit sampai matahari terbenam. Gas O3 mempunyai pengaruh positif positif pada urat saraf, mengaktifkan kerja otak dan tulang. Ketika seseorang menghirup udara fajar yang dinamakan udara pagi, dia merasakan kenikmatan dan kesegaran tiada taranya diwaktu manapun, baik siang atau malam”.

Sementara itu beberapa hasil penelitian, menyimpulkan sebaiknya seseorang membiasakan mandi pagi dengan air dingin.

-MENURUT KEDOKTERAN:

Mandi sebelum masuk subuh ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Menurut Dr. dr. Aru W. Sudoyo, MD dokter spesialis penyakit dalam dari FK UI dan RS Medistra, mandi pagi secara medis akan merangsang sistem peredaran darah dan persyarafan menjadi lebih aktif. Hal ini timbul sebagai reaksi terhadap rangsangan suhu dingin secara singkat. Sepanjang seseorang tidak sakit, maka mandi subuh atau sebelum subuh memberikan efek positif karena tubuh dicambuk oleh temperature rendah.

Midi Hariyani, SpKK spesialis kulit dan kelamin dari klinik nusantara kuningan menyebutkan bahwa dengan mandi subuh dapat membangunkan tubuh yang terlelap dimana metabolisme tubuh sedang melambat.Diibaratkan membangunkan mesin yang awalnya pelan kemudian dinaikkan. Suhu tubuh akan dinaikkan mencapai kestabilan. Jantung menjadi terpacu untuk bangun,adrenalin meningkat, pembuluh darah jadi lebih lancar untuk bergerak sehingga aliran darah dalam tubuh menjadi sangat baik termasuk aliran ke kulit. Sehingga kulit tampak lebih fresh.

Untuk mereka yang memiliki penyakit berat sebaiknya mandi dengan suhu air hangat (bukan panas) yang mendekati suhu tubuh sehingga sistem penyesuaian atau adaptasi yang sedang lemah tidak dirangsang secara paksa.

Mandi pagi mampu melancarkan peredaran darah

Menurut hasil penelitian sebuah lembaga riset trombosit di Inggris, jika seseorang sering mandi pagi dengan air dingin, maka peredaran darahnya akan menjadi lebih lancar. Tubuh juga akan terasa lebih segar dan bugar. Hal ini tentu akan sangat berguna sebagai bekal kita untuk menjalani kegiatan sehari-hari.

Mandi dengan air dingin akan meningkatkan sel darah putih

Masih menurut hasil studi di Inggris, mandi dengan air dingin akan meningkatkan sel darah putih dalam tubuh. Bila sel darah putih dalam tubuh meningkat, maka daya tahan dan kemampuan tubuh dalam melawan virus pun akan semakin meningkat. Manfaat positifnya tubuh akan menjadi lebih prima dan tidak mudah sakit karena daya tahan tubuh selalu terjaga dengan baik.

Mandi dengan air dingin bisa menurunkan resiko darah tinggi

Menurut Frederic Premji, seorang hipnoterapis dari The American Board of Hypnotherapy, mandi air dingin akan menurunkan resiko timbulnya darah tinggi, varises dan mengerasnya pembuluh darah. Hal ini disebabkan karena mandi air dingin akan melancarkan seluruh sirkulasi darah ke organ-organ tubuh.

Mandi dengan air dingin dapat meningkatkan kesuburan

Mandi pagi dengan air dingin memiliki efek positif bagi kesehatan reproduksi manusia. Manfaatnya yaitu untuk meningkatkan produksi hormone testosterone pada pria dan hormone estrogen pada wanita. Akibatnya, kesuburan dan gairah seksual pun akan semakin meningkat.

Mandi pagi memperbaiki kesehatan jaringan tubuh

Kebiasaan mandi pagi dengan air dingin setiap hari berdampak positif juga pada kesehatan jaringan tubuh manusia. Dengan kebiasaan ini, jaringan kulit akan semakin membaik, kulit tidak kering dan menjadi lebih kenyal. Mandi dengan air dingin juga mampu mengurangi noda dan lingkaran hitam pada bagian bawah mata. Sehingga, kesegaran wajah akan semakin terpancar. Sebaliknya bila mandi dengan air hangat, maka kulit lebih mudah keriput dan kurang kenyal. Selain itu, mandi dengan air dingin juga berdampak positif pada jaringan kuku. Kuku pun akan menjadi lebih sehat, kuat dan tidak mudah retak.

Mandi pagi dengan air dingin dapat membuat rambut lebih sehat

Apa sih yang terjadi pada rambut bila dibilas dengan air dingin? Ternyata air dingin bisa menutupi kutikula rambut, sehingga mampu mengurangi kerontokan. Rambut pun akan lebih terlindungi dari kotoran-kotoran yang biasanya menempel pada kulit kepala. Dengan demikian rambut akan menjadi lebih sehat dan kuat.

Mandi air dingin berkhasiat meredakan depresi

Ritual mandi pagi dengan air dingin biasa dilakukan oleh para pejuang samurai Jepang tempo dulu. Ritual ini biasa disebut misogi dalam bahasa Jepang. Kebiasaan ini bertujuan untuk membersihkan jiwa sehingga pikiran menjadi lebih tenang dan bisa menjalani hari-hari dengan penuh semangat. Namun, terlepas dari ritual yang biasa dilakukan orang Jepang tersbut, rasanya memang logis ya bila mandi air dingin bisa berefek meredakan depresi dan stress. Coba bayangkan bila kita sedang suntuk, dalam keadaan tegang atau depresi karena sesuatu hal, setelah kita mandi maka tubuh akan terasa lebih segar, pikiran menjadi lebih tenang, jernih, dan lebih rileks ya kan.

Kebiasaan mandi di saat fajar memiliki pengaruh besar pula bagi kesehatan jaringan tubuh manusia. Jaringan kulit akan semakin baik, kulit tidak kering namun kulit akan menjadi lebih kenyal. Mandi saat fajar juga berpengaruh pada kejiwaan, kebiasaan mandi seperti ini memiliki efek relaksasi pada tubuh. Tubuh akan menjadi lebih rileks dan pikiranpun menjadi tenang. Menurut para terapis, mandi lebih baik dilakukan dengan menggunakan shower daripada dengan gayung. Saat mandi dengan shower, air yang keluar dari pancuran akan memijat kulit dan tubuh. Hal itu akan menimbulkan efek pijatan yang membuat otot tegang menjadi lemas.Jadi, jangan-ragu-ragu lagi untuk mandi pada waktu sepertiga malam, selain itu akan mendorong kita untuk mengerjakan Shalat malam, insyaAllah.

Selain itu menurut beberapa ulama ;

Dalam menjaga kesehatan, Rasulullah S.A.W mengamalkan mandi fajar yaitu mandi sekitar pukul 2-3 pagi .(sebelum subuh )
Kelebihan mandi sepertiga akhir malam di antaranya:
1. Tidak terkena penyakit asma
2. Terhindar dari angkara jahat seperti sihir, baik dari jin atau manusia
3. Tubuh badan menjadi sehat
4. Wajah bercahaya
5.Doanya mudah dimakbulkan Allah
6. Wajah menjadi awet muda

Cara mandi sepertiga akhir malam ini juga diterapkan untuk para pecandu narkoba yang dalam masa penyembuhan di Pondok Pesantren Suryala, yang disebut Mandi Taubat dan terbukti banyak menyembuhkan para korban kecanduan narkoba.

2.Mandi setelah Sholat Shubuh ( 05.00 ~ 10.00 WIB )

Mandi Setelah Subuh adalah mandi yang baik, tapi mandi dalam waktu ini hanya akan Menyegarkan badan dan membuat relax setelah bangun tidur yang akan menghilangkan perasaan malas, lemah dan lesu yang diakibatkan dari rasa ngantuk dari tidur yang kita jalani sebelumnya.

Setelah mandi pagi, semua rasa malas akan hilang dan badanpun terasa lebih sehat serta lebih bersemangat.

3.Mandi Siang ( 10.00 ~ 15.00 WIB )

Adalah mandi yang sering dilakukan oleh orang-orang yang malas karena tidur yang bangun terlalu siang maupun orang yang sedang tidak mau mandi karena alasan-alasan tertentu.

Mandi Siang bisa menyebabkan Sakit Kepala dan bisa mengakibatkan datangnya penyakit-penyakit ringan.

Untuk menghindari hal tersebut, jika anda terlanjur lebih dari jam 10.00 WIB baru terbangun atau baru dalam perjalanan, alangkah lebih baiknya jika anda berwudlu saja.

4.Mandi Sore atau sebelum Sholat Maghrib ( 15.00 ~ 18.00 WIB )

Mandi Sore Setelah Ashar dan Sebelum Maghrib adalah waktu mandi yang baik untuk mempercepat pertumbuhan, bagi anda yang tidak terbiasa karena waktu atau alasan kerjaan tertentu. Lebih baik di tunda untuk mandi sejenak, atau anda yang baru pulang dari bekerja agar segera mandi biar lebih sehat dan pertumbuhan tubuh bisa terjaga dan Mandi Sore sangat dianjurkan untuk Bayi dan Anak-anak.

Bagi anda yang belum terbiasa, cobalah membiasakannya mulai dari sekarang karena ada beberapa hal merugikan yang anda dapatkan jika tidak disegerakan untuk mandi di sore hari seperti :

1. Kotoran dan kuman menempel lebih lama

Orang yang jarang mandi sore atau bahkan tidak mandi akan beresiko dihinggapi kuman lebih banyak dibandingkan mereka yang rutin mandi sore. Setelah beraktivitas selama  seharian (terutama di luar ruangan) tubuh akan terasa kotor, lengket atau bahkan terasa di kerumuni serangga kecil yang tak terlihat oleh mata. Jika mengabaikan mandi sore, tentu saja kuman akan menempel semalaman penuh hingga keesokan paginya. Dapatkah anda rasakan jika anda tidak mandi dan tidur, bisa dibayangkan sendiri anda tidur bersama jutaan kuman yang menempel pada tubuh anda.

2. Gatal-gatal dan susah tidur
Apakah pernah anda rasakan ketika dalam perjalanan atau capek hingga tak sempat mandi? seperti itulah rasanya jika anda tidak mandi sore, tubuh akan terasa gatal-gatal dan susah untuk tidur dimalam harinya dan bahkan jika terbangun dari tidur badan akan terasa gerah, gatal-gatal dan tidak nyaman sehingga tidurpun tak nyenyak yang mengakibatkan kualitas tidur terganggu. Jika hal ini dibiarkan secara terus-menerus, maka kuantitas dan kualitas tidur anda juga ikut terganggu yang nantinya bisa menimbulkan berbagai dampak negatif bagi tubuh.

3. Rawan terserang penyakit
Jika anda jarang mandi, terserang penyakit bukanlah hal yang mengejutkan karena anda akan lebih gampang terserang penyakit ketimbang mereka yang lebih sering menjaga kebersihan mereka dengan mandi. Kuman-kuman yang bersarang pada tubuh sudah tentu menjadi bibit penyakit untuk tubuh anda yang setelah seharian beraktifitas dan tidak mandi pada sore harinya. Ketika kekebalan tubuh menurun tubuh akan lebih mudah terserang penyakit melalui kuman-kuman yang terus berkembang biak di tubuh anda. Sebut saja beberapa penyakit yang sering menjangkiti mereka yang malas mandi sore seperti penyakit kulit, influenza, cacar air, gangguan pada perut dan mulut.

4. Lebih mudah stress dan depresi
Pekerjaan dan Rutinitas keseharian dari pagi hingga sore hari sudah pasti akan membuat otot dan syaraf di tubuh anda bekerja, hal ini bisa menimbulkan syaraf dan otot bekerja lebih keras dan bahkan akan tegang. Hal tersebut akan membuat tubuh terasa lelah, keram dan pusing. Kondisi seperti inilah yang nantinya akan memicu gejala psikologis seperti stress dan depresi.  Untuk menghindari hal yang seperti itu terjadi, anda memerlukan hal yang bisa membuat nyaman dan rileks, salah satunya adalah mandi sore yang bisa bermanfaat untuk mengembalikan kesegaran, menghilangkan penat dan menghilangkan ketegangan terlebih lagi jika anda menggunakan air hangat untuk merileksasi otot yang tegang dan melakukan pijatan-pijatan lembut pada bagian betis, lengan, dan kepala untuk memberi sedikit rangsangan pada syaraf-syaraf anda.

5. Mengalami Bau Badan yang disebabkan Keringat
Keringat yang timbul pada saat kita beraktifitas di pagi hari hingga sore hari sudah pasti akan menimbulkan Bau Badan menempel pada tubuh anda, terutama pada lipatan-lipatan kulit anda.

6. Kurang Semangat
Anda bisa membandingkan antara orang yang mandi sore dan tidak mandi sore. Anda akan melihat orang-orang yang rutin mandi sore akan terlihat lebih bersemangat dari pada mereka yang tidak mandi sore. Mengapa hal itu bisa terjadi? Guyuran air saat mandi bersifat menyegarkan. Selain itu, air dan sabun mandi 99% mampu membunuh parasit yang dapat menggerogoti kesehatan dan membuat tubuh menjadi lesu. Sehingga tubuh lebih sehat dan tentunya lebih berenergi. Dengan energi yang baik, tentu saja Anda akan lebih bersemangat hingga waktu istirahat tiba.

7. Menyetabilkan Suhu Tubuh
Pekerjaan di dalam ataupun diluar ruangan sangat mempengaruhi suhu tubuh Anda, Anda yang berada di dalam ruangan ber AC akan berbeda suhunya dengan yang berada di Luar Ruangan dan terkena sinar matahari, Hal inilah yang akan membuat suhu dalam tubuh anda menjadi tidak stabil. Oleh sebab itu, perlu dilakukan suatu aktivitas yang dapat menetralkan suhu tubuh. Caranya adalah melakukan mandi sore. Dengan mandi sore, suhu tubuh yang tinggi perlahan-lahan akan menurun dan suhu yang rendah akan naik hingga didapatkan suhu yang stabil. Tapi ingat, jangan sekali-kali mengguyur air langsung setelah Anda baru saja terkena paparan sianr matahari. Ini akan berbahaya, karena akan membuat panas tubuh terperangkap. Sebaiknya, tunggu sekitar 10 menit terlebih dahulu setelah Anda selesai beraktivitas di bawah sinar matahari, baru selanjutnya melakukan mandi sore.

5.Mandi setelah Sholat Maghrib ( 18.00 ~ 19.00 WIB )

Bisa merusak urat saraf, cobalah hindari mandi saat seperti ini jika anda ingin.

6.Mandi Malam Setelah Isya ( 19.00 ~ malam )

Kalau mandi junub apakah dilarang ? Pada dasarnya mandi junub adalah wajib,tetapi bagaimana solusinya..?
Maka ambillah air untuk berwudu sebelum anda tidur karena kita tidak boleh tidur dalam keadaan kotor,paginya sebelum Sholat Shubuh segeralah mandi dauhulu.

Ada hal-hal yang berakibat buruk jika anda melakukan mandi malam seperti :

1. Paru Paru Basah ( Bronkhitis )

Banyak orang yang nyepelekan hal yang satu ini , seseorang yang setiap harinya sibuk dan terpaksa harus mandi malam dalam jangka panjang seseorang tersebut dapat terkena penyakit paru paru basah.

2. Serangan Asam Urat

Mandi Malam sangat berakibat serangan asam urat pada tubuh kita, karena faktor malam yang membuat air terasa lebih dingin dari sore hari dan air ingin tersebut akan membuat nyeri sendi.

3. Memperparah Nyeri Rematik

Buat Anda yang punya penyakit rematik di anjurkan jangan melakukan mandi di malam hari , karena apabila hal ini di lakukan penyakit rematik Anda akan tambah nyeri dan parah.

4. Punuaan Dini

Ini nih yang banyak orang tidak tau , seseorang yang lebih sering beraktifitas,banyak kerjaan dan sibuk biasanya terlalu banyak pikiran yang menumpuk di otak , dan apabila Anda mandi malam saat banyak pikiran dapat menjadikan Anda stress , karena orang yang masih banyak pikiran mandi malam dengan air yang terasa dingin membuat temperatur tubuh tidak normal.

Demikian Waktu Mandi yang baik dan tidak baik yang Kami himpun dari berbagai Sumber , Semoga Bermanfaat (azw.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker