Nuku World Festival diharapkan Bisa Mengangkat Nilai Kearifan lokal

abadikini.com, SUFIFI – Walikota Capt. H. Ali Ibrahim berharap kegiatan Nuku World Festival berlangsung dengan khidmat dan lancar apalagi kegiatan ini mengangkat nilai-nilai kearifan local. Kegiatan ini juga akan dihadiri Kedubes Inggris untuk Indonesia.

Ketua panitia pelaksana Nuku World Festival, Abdullah Dahlan mengatakan kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 14 November yang bertepatan dengan tanggal Haul Sultan Nuku.

Abdullah menambahkan, sebagian besar rangkaian acara akan dilaksanakan di Kota Ternate dan ada rangkaian kegiatan tertentu yang dilakukan di Tidore. Kegiatan ini rencananya akan menghadirkan Kepala daerah baik Gubernur maupun Bupati/Walikota di wilayah yang pernah menjadi persekutuan Kesultanan Tidore.

“Bahkan untuk kalangan Negara asing, Dubes Inggris untuk Indonesia sudah mengkonfirmasi undangan panitia akan hadir dalam kegiatan ini,” kata Abdullah.

Dikatakan bahwa kedatangan para Kepala Daerah ini pada acara tersebut juga nantinya akan dibuat sebuah kesepakatan antar Kepala Daerah bekas persekutuan Kesultanan Tidore untuk selalu menjaga kearifan local, nilai-nilai budaya dan pembangunan daerah yang saling bersinergi.

Lanjut Abdullah, panitia juga berencana menggelar Ekspedisi Nuku, yaitu napak tilas perjalanan Sultan Nuku dalam menjelajahi wilayah kekuasaannya dari Tidore, Gamrange, Raja Ampat dan Kepulauan di Seram.

Ali Ibrahim berharap kegiatan ini dilaksanakan tidak hanya satu kali saja, tetapi berlangsung secara kontinyu dan berkesinambungan, sehingga dapat dilaksanakan secara lebih terencana dan teratur. (sp.ak)

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker