Guru Palestina Raih Penghargaan Varkey Foundation Global Teacher Prize 2016

abadikini.com, Seorang guru perempuan asal Palestina bernama Hanan al Hroub memperoleh penghargaan Varkey Foundation Global Teacher Prize 2016 senilai USD 1 juta berkat dedikasinya di dunia pendidikan. Penghargaan prestisius tersebut diberikan langsung oleh Pemimpin Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid al Maktoum dan pendiri Varkey Foundation, Sunny Varkey.

Hroub kecil tumbuh di kamp pengungsian yang ada di Bethlehem. Alhasil, ia kerap menyaksikan berbagai kekerasan selama berada di sana.

“Saya bangga menjadi guru wanita Palestina yang bisa berdiri di sini,” ucapnya, sebagaimana dilansir dari Aljazeera, Senin (14/3/2016).

Pengalaman pahit di masa kecil kemudian digunakan Hroub untuk mengembangkan teknik mengajar yang fokus pada permainan sebagai sarana belajar dan menjauhi kekerasan. Guru Samiha Khalil High School di Al Bireh itu telah berbagi pandangannya melalui konferensi, petemuan dan seminar guru.

Pendekatan yang diterapkan Hroub terbukti menurunkan perilaku kekerasan di sekolah yang sering terjadi. Hal tersebut menjadi dasar bahwa penulis buku ‘We Play and Learn‘ itu memiliki kontribusi luar biasa dalam menjalani profesi sebagai guru.

“Bagi saya, penghargaan ini merupakan kemenangan bagi seluruh guru, khususnya di Palestina,” ujarnya.

Sementara Paus Franciskus yang baru-baru ini menjalin hubungan dengan umat Islam turut memberikan selamat kepada Hroub melalui pesan video. Menurut dia, seorang anak memiliki hak untuk bermain sebagaimana teknik yang diterapkan Hroub.

“Bagian dari pendidikan adalah untuk mengajar anak-anak tentang cara bermain, karena seseorang belajar bersosialisasi melalui permainan yang membuatnya gembira,” terang Paus.

Baginya, Hroub telah mendorong guru lain untuk mengajar dengan teknik bermain, sebagai strategi menghilangkan kekerasan di sekolah. Dia berharap pendidikan mampu menghapus segala kekerasan yang ada di dunia. (jhon.ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
planet128 rawit128 planet128 turbo128 planet128 rawit128 cahaya128 rawit128 planet128 rawit128