Hasil Survey Emrus Corner: Peluang Menang Cagub DKI dari Parpol Masih Tinggi

abadikini.com, JAKARTA – Peluang keterpilihan calon Kepala Daerah dari partai politik dalam Pilkada DKI 2017 mendatang masih terbuka lebar. Hal itu didapat dalam hasil survei kepada 400 pemilih perempuan di lima wilayah Jakarta yang dilakukan Emrus Corner pada periode 8-10 Maret 2016.

Dari hasil survei menunjukkan, sebanyak 80,30 persen responden menjawab akan memilih calon yang diusung oleh partai politik. Sebaliknya, keminatan pemilih terhadap calon yang berasal non parpol hanya 16,26 persen.

“Ini menarik, responden masih lebih percaya pada parpol dari pada independen, artinya kepercayaan pada parpol masih tetap tinggi,” kata Direktur Emrus Corner, Emrus Sihombing dalam rilis dan diskusi survei ‘Pertarungan Gubernur DKI Jakarta’ di Kawasan Kwitang, Senen, Jakarta, Minggu (13/3/2016).

Namun meski lebih cenderung ke calon dari parpol, pemilih belum tentu memilih calon dari parpol yang dipilihnya dalam Pemilihan Legislatif 2014 lalu. Melalui metode wawancara langsung secara terstruktur (kuesioner) kepada responden, sebanyak 38 persen menyatakan tidak akan memilih sesuai dengan parpol di Pileg 2014, 20 persen menyatakan sama, dan 42 persen menjawab belum tahu.

“Kalau 38 persen ini tandanya masyarakat berdasarkan ketokohan, nah 42 persen ini artinya potensi, bisa dinamis suara masyarakat,” ungkap Emrus.

Emrus menuturkan, survei kepada responden terkait apakah memilih calon berdasarkan jenis kelamin, mayoritas pemilih perempuan 53,25 persen menyatakan tidak, 31,25 persen menyatakan belum tahu, dan 15,50 menyatakan iya.

“Artinya pemilih perempuan juga belum tentu memilih calon dari perempuan, ini masyarakat Jakarta kan rasional, ini akan terus bergerak secara dinamis,” jelas Emrus. (asep.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker