Fadli: Deparpolisasi Itu Keliru

abadikini.com, JAKARTA – Wakil Ketua DPR Fadli Zon menegaskan tak ada demokrasi di dunia ini tanpa adanya partai politik (parpol). Sehingga wacana deparpolisasi merupakan wacana yang sangat keliru.

“Kalau ada yang mengatakan deparpolisasi, itu sebuah wacana yang sangat keliru. Tidak ada demokrasi tanpa partai politik. Jadi demokrasi itu wajib ada partai politik. Itu di seluruh dunia berlaku,” kata Fadli Zon di kompleks parlemen Jakarta, Kamis (10/3/2016).

Menurut Fadli, tidak ada demokrasi tanpa partai politik. Sehingga kalau ada yang kurang baik dari partai politik maka yang harus diperbaiki.

“Jadi kalau ada yang mengatakan deparpolisasi itu tidak mengerti apa itu demokrasi. Itu justru nanti mengarah kepada sikap ototiarinisme dan totalitrianisme,” ujarnya.

To‎talitarianisme dan ototiarinisme itu dibangun karena tidak ada kekuasaan dari sebuah wadah demokrasi yang paling penting yaitu partai politik. Karena di dalam partai politik adalah organisasi untuk melakukan suatu rekrutmen dari rakyat untuk mewakili rakyat. 

Fadli juga mengatakan, siapapun setiap individu sudah ada jalurnya untuk maju sebagai calon kepala daerah. Namun bila ada usaha deparpolisasi hal itu untuk meniadakan partai politik.

“Tapi kalau mau melakukan suatu kontestasi melalui jalur independen kan memang disediakan undang-undang kita,” ungkapnya. (udin.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker