Pertemuan Bilateral Kedua Retno Dengan Menlu Afghanistan

abadikini.com, JAKARTA – Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia Retno LP Marsudi melakukan pertemuan bilateral kedua hari ini dengan Menlu Afghanistan Salahuddin Rabbani di sela pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (KTT LB OKI) 2016 di Jakarta pada 6-7 Maret 2016.

Pertemuan antar kedua negara ini dilakukan selain untuk membicarakan kerja sama, juga demi membahas upaya penyelesaian isu Palestina di Yerusalem.

Sebagaimana dilansir dari siaran pers yang diterima, sejak 2015 Indonesia dan Afghanistan seringkali membahas masalah isu perdamaian di Al Quds Al Syarif ini. Diharapkan melalui KTT LB kelima ini, anggota OKI dapat memberi solusi yang komperhensif untuk kemerdekaan Palestina dan penyelesaian sengketa di Al-Quds Al-Sharif (nama lain dari Yerusalem).

Selain pendorongan penyelesaian masalah Yerusalem, pelatihan bersama adalah salah satu tema utama yang dibahas dalam pertemuan bilateral ini. Karena ternyata Indonesia dan Afghanistan memiliki total 44 program pelatihan bersama dengan 353 partisipan. Program pelatihan tersebut, termasuk pelatihan untuk polisi hingga para anggota diplomatik.

“Kami membicarakan MOU (nota kesepahaman) mengenai pelatihan bagi diplomatik Afghanistan. Kedua negara sudah lama melakukan pelatihan semacam ini dan di waktu mendatang akan diadakan penambahan pelatihan,” papar Menlu Retno pada Minggu (6/3/2016) di JCC, Senayan, Jakarta.

Menlu Rabbani juga mengatakan terdapat pembahasan tambahan pada pertemuan bilateral ini yang akan menjadi simbol eratnya hubungan kedua negara, yaitu pembangunan Islamic Center di Kabul.

Sebelumnya, Afghanistan pernah melakukan pertemuan dengan Indonesia pada Peringatan ke-60 KAA 2015 di Bandung dan Jakarta. Pada pertemuan tersebut Afghanistan diwakilkan oleh Wamenlu Atiqullah Atifmal. (jhon.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker