Pendiri ASEAN, Thanat Khoman Wafat, Indonesia Sampaikan Duka Cita

abadikini.com, JAKARTA – Kementerian Luar Negeri Indonesia menyampaikan ucapan duka cita atas wafatnya salah satu tokoh pendiri ASEAN Thanat Khoman dari Thailand yang tutup usia pada 101 tahun.

“Pemerintah dan rakyat Republik Indonesia menyampaikan rasa duka cita yang mendalam atas wafatnya Thanat Khoman,” demikian pernyataan dari Kemlu RI yang diterima di Jakarta, Sabtu (5/3/2016).

“Doa dan simpati kami menyertai keluarga, kerabat serta kolega beliau agar selalu diberikan kekuatan dan ketabahan dalam menghadap suasana duka pada saat ini,” kata pernyataan tersebut.

Thanat Khoman merupakan mantan menteri luar negeri Thailand periode 1959-1971 dan wakil perdana menteri Thailand periode 1980-1982.

Dia membantu memperkuat hubungan antara negaranya, Thailand, dengan Amerika Serikat (AS) selama Perang Vietnam. Khoman meninggal dunia karena usia tua di Rumah Sakit Ramathibodi pada Jumat (4/3/2016).

Khoman merupakan pemimpin yang memberikan sumbangan dan jasa berharga dalam mempromosikan rekonsiliasi regional dan kerja sama kawasan di Asia Tenggara.

Dia menjadi bagian dari sejarah salah satu pendiri ASEAN, bersama dengan mantan menteri luar negeri Indonesia Adam Malik, mantan menteri luar negeri Filipina Narsisco Ramos, mantan Menteri luar negeri Malaysia Tun Abdul Razak, dan mantan menteri luar negeri Singapura S Rajaratnam.

Dengan wafatnya Thanat Khoman, ASEAN tidak lagi memiliki pendiri atau “founding father” yang dapat menyaksikan langsung berbagai perkembangan dan capaian kerja sama ASEAN di masa mendatang. (asep.ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker