Polisi Temukan Ladang Ganja Terbesar Di Indonesia

abadikini.com, JAKARTA – Kepolisian Republik Indonesia menemukan ladang ganja terbesar di Indonesia seluas lebih dari 54 hektare di kawasan kaki Gunung Selawah, Aceh.

“Ini patut diapresiasi, Polda Aceh dan jajarannya berhasil menemukan ladang ganja terbesar dan berhasil mengamankan satu tersangka,” kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri Anton Charliyan, di Aceh Besar, Sabtu (27/2/2016).

Ia menjelaskan bahwa penemuan itu merupakan tindak lanjut dari instruksi Presiden RI Joko Widodo untuk memberantas narkotika dan sejenisnya. Sementara itu, Kapolda Aceh Irjen Pol Husein Hamidi menyebutkan, dari 54 hektare tersebut, ada sekitar lima titik lahan.

“Untuk lahan ada sekitar lima hingga enam, jadi ada kemungkinan bisa bertambah jika dijelajah lebih jauh lagi,” kata Husein.

Selanjutnya, polda langsung memusnahkan ganja yang siap panen tersebut di lokasi lahan. Umumnya tanaman ganja dipanen dari umur lima hingga enam bulan sehingga harus berpindah-pindah lahan.

Seorang tersangka yang diamankan merupakan pengelola lahan di salah satu titik tersebut, sedangkan pada titik yang lain belum bisa diamankan karena pelaku melarikan diri. “Mereka biasa dapat info penggerebekan sehingga ada waktu untuk melarikan diri, biasanya dapat info dari warga sekitar dari kampung terdekat,” kata Kapolda.

Daerah perbukitan yang curam membuat susah untuk dilakukan pengamanan dan penelusuran. Dalam penggerebekan, Sabtu, satu anggota terpaksa dibawa dengan tandu darurat akibat mengalami insiden patah kaki karena terperosok. (andi.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker