Hari Peduli Sampah Nasional, Warga Jakarta Turun Ke Jalan Pungut Sampah

abadikini.com, JAKARTA – Hari Peduli Sampah Nasional dimeriahkan oleh ribuan warga Jakarta yang turun ke jalan untuk memungut sampah. Dari rakyat jelata hingga pejabat berkumpul menyaksikan deklarasi hari bebas sampah. Ada yang mengumpulkan sampah, yang lainnya membagi-bagikan kantong plastik secara cuma-cuma.

Kepala Suku Dinas Kebersihan DKI Jakarta Marsigit menurunkan 10 truk sampah anorganik di sekitar jantung Ibu Kota, hari ini, Minggu, 21 Februari 2016. Sebanyak 8 truk sampah anorganik diletakkan di bundaran HI dan 1 truk di Gelora Bung Karno. Sedangkan 1 truk lagi digunakan untuk menampung sampah organik.

Pada pagi saja, timnya mengumpulkan 342,7 kilogram sampah di bundaran HI. Sedangkan di GBK, terkumpul sekitar 100 kilogram sampah. Ia juga mencatat total sampah yang dikumpulkan di sekitar pusat belanja Sarinah mencapai 75,7 kilogram.

Nanti akan kami masukkan ke bank sampah,” ujarnya di Jakarta, Minggu (21/2/2016)

Jumlah bank sampah di seluruh Ibu Kota saat ini mencapai 90 unit.

Di bundaran HI, pemerintah memasang “ATM Bank Sampah”, yang bisa digunakan untuk mendaur ulang sampah plastik. Masyarakat bisa mendapatkan voucher yang bisa ditukar dengan uang apabila memasukkan sampah plastik ke ATM tersebut.

Marsigit berharap semua lapisan masyarakat peduli terhadap sampah, tak hanya hari ini, tapi juga setiap hari. “Kalau semua peduli, akan tercapai Indonesia bebas sampah tahun 2020,” imbuhnya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan total sampah yang terkumpul di seluruh Ibu Kota per hari bisa mencapai 7 ton. Sekitar 15 persen di antaranya merupakan sampah plastik. (asep.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker